Panduan Lengkap Cara Mengatasi Motor yang Terendam Banjir, Dijamin Anti Turun Mesin

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Motor yang Terendam Banjir, Dijamin Anti Turun Mesin

Cara mengatasi motor yang terendam banjir, salah satu nya mendorongnya sampai ke tempat kering.--

RADAR TEGAL - Banjir, bencana alam yang kerap kali menimpa banyak daerah, menjadi ancaman serius bagi pengendara motor. Kendaraan yang terendam air tidak hanya berpotensi mengalami kerusakan parah, tetapi juga dapat mengakibatkan mogok total sehingga cara mengatasi motor yang terendam banjir sangat diperlukan. 

Bagi para pemilik motor yang menghadapi situasi sulit ini, penting untuk tetap tenang dan mengikuti panduan lengkap cara mengatasi motor yang terendam banjir. Terutama dalam hal ini adalah wanita yang sedikit sekali mengetahui hal tentang mesin.

Lalu bagaimana panduan lengkap cara mengatasi motor yang terendam banjir yang benar? Simak tulisan ini sampai akhir.

Karena di sini akan ada tips dan cara mengatasi motor yang terendam banjir yang ulasannya telah kami rangkum di bawah ini. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Baterai Mobil Hybrid, Dijamin Mobiltas Sehari-hari Semakin Optimal dan Lancar

Cara mengatasi motor yang terendam banjir

1. Hindari Menyalakan Mesin

Cara mengatasi motor yang terendam banjir pertama yang perlu kita ambil adalah menghindari menyalakan mesin motor yang terendam. Tindakan ini kritis untuk mencegah potensi korsleting dan kerusakan mesin yang lebih serius. 

Air yang masuk ke dalam mesin bisa menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan dan merusak komponen internal mesin.

2. Dorong Motor ke Tempat Kering

Cara mengatasi motor yang terendam banjir selanjutnya ialah kita harus segera mencari tempat yang aman dan kering untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin timbul akibat air. Semakin lama motor terendam, semakin besar risiko kerusakan yang dapat terjadi.

3. Lepaskan Aki

Cara mengatasi motor yang terendam banjir berikutnya adalah melepaskan aki untuk menghindari potensi korsleting dan kerusakan pada sistem kelistrikan. Air yang terkontaminasi dengan garam dan kotoran dapat menjadi penyebab korsleting pada aki dan merusak komponen kelistrikan lainnya.

BACA JUGA: 4 Tips Merawat AC Suzuki APV Bekas, Solusi Menjaga Kenyamanan Berkendara Mobil Keluarga Anda

Sumber: