Contoh Ceramah Pendek Ramadhan untuk Anak SD, Bisa Juga Buat Kultum

Contoh Ceramah Pendek Ramadhan untuk Anak SD, Bisa Juga Buat Kultum

Ilustrasi contoh ceramah pendek Ramadhan untuk anak SD--

Nah, perintah puasa ini sudah disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183. Yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

Berpuasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga banyak hal baik. Seperti, tentang kesabaran ketika kita harus menahan lapar dan dahaga.

Hal ini mengajarkan kita untuk selalu bersabar dalam menghadapi hal apapun. Misalnya, kita harus bersabar saat belajar di sekolah dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Pahalanya Tetap Berlipat-lipat, Ini 5 Amalan yang Bisa Dikerjakan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Melalui puasa juga kita diajarkan untuk bisa perduli terhadap sesama. Karenanya, sangat dianjurkan untuk membantu sesama yang membutuhkan. 

Ada juga pelajaran tentang disiplin, seperti yang kita lakukan saat bangun sahur, menahan diri untuk tidak makan dan minum selama puasa. Oleh karena itu, mari kita berusaha menjadi lebih baik lagi. 

Demikian apa yang bisa kami sampaikan, semoga Allah akan selalu memberkahi kita semua. Sehingga, kita mampu menunaikan ibadah puasa satu bulan penuh.

Wassalamualaikum waroh warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA: Jarang Diketahui dan Disadari, Ini Rahasia Hikmah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan Menurut Gus Baha

2. Ceramah Pendek Ramadhan untuk Anak SD Tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan ini. Semoga sholawat senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Teman-teman semua, saat ini kita berada di bulan Ramadhan, bulan yang sangat istimewa bagi Umat Islam. Sebab, di dalamnya ada perintah untuk berpuasa.

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga mengajarkan kita untuk berbagi dan bersabar. Berpuasa juga mengajarkan kita untuk menjaga kepatuhan kita kepada Allah SWT dan berbuat baik terhadap sesama.

Teman-teman semuanya, ada hal yang sudah dijanjikan oleh Allah. Di mana pada bulan Ramadhan ini, amal kebaikan kita akan dilipatgandakan pahalanya.

Sumber: