Pahalanya Tetap Berlipat-lipat, Ini 5 Amalan yang Bisa Dikerjakan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Pahalanya Tetap Berlipat-lipat, Ini 5 Amalan yang Bisa Dikerjakan Wanita Haid di Bulan Ramadhan

--

RADAR TEGAL - Di dalam Islam, apabila seorang wanita sedang dalam masa haid, maka tidak diperbolehkan untuk melakukan beberapa ibadah. Meski begitu ada 5 amalan yang bisa dikerjakan wanita haid di bulan Ramadhan

Sekadar informasi, ibadah seperti sholat, puasa, dan memegang atau membaca Al-Quran tidak boleh dilakukan wanita yang sedang haid. Nah, dalam artikel ini akan dibahas 5 amalan yang bisa dikerjakan wanita haid di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat tepat untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun tidak semua ibadah bisa dilakukan oleh wanita haid, terdapat 5 amalan yang bisa dikerjakan oleh wanita haid di bulan Ramadhan.

5 amalan yang bisa dikerjakan oleh wanita haid di bulan Ramadhan memberikan kesempatan untuk tetap bisa menjalin spriritualitas dan mendapatkan pahala yang besar di bulan suci. Simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Kegiatan Bermanfaat Saat Ramadhan, Insya Allah dapat Menambahkan pahala Puasa

5 amalan yang bisa dikerjakan wanita haid di bulan Ramadhan

1. Berdoa dan Berdzikir Kepada Allah SWT

Ibadah yang satu ini bisa kamu lakukan di manapun dan kapa pun loh tanpa terkecuali loh. Dari Abu Hurairah RA, menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Arrahman, Subhanallah, Wabihandihi, dan Subhanallahul 'azhiim." (HR. Bukhari)

Begitu sayangnya Allah SWT kepada hamba perempuan-Nya, mereka tetap diberi kesempatan untuk tetap berkomunikasi langsung dengan Allah dan mendapatkan pahala dengan melakukan amalan ini meskipun dalam keadaan junub. Mereka juga bisa memperbanyak doa, memohon ampunan, rahmat, dan berkah dari Sang Khalik. 

Sementara itu, bentuk pegingat dan penghormatan kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan berdzikir. Wanita haid bisa memperbanyak dzikir dengan membaca tasbih, tahmid, takbir, dan istighfar sebanyak-banyaknya dalam kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA: 5 Tempat Belanja Murah Di Tegal untuk Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran 2024, Harga Bersaing

2. Membaca dan Mendengarkan Ceramah Keagamaan

Amalan yang bisa dikerjakan oleh wanita haid di bulan Ramadhan selanjutnya yaitu dengan membaca dan mendengarkan ceramah keagamaan. Hal ini menjadi salah satu cara agar tetap terhubung dengan agama dan meningkatkan pengetahuan.

Sumber: