Persiapan Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Motor, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Supaya Aman di Jalan

Persiapan Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Motor, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Supaya Aman di Jalan

Persiapan Mudik Lebaran 2024 Menggunakan Motor, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Berencana mudik lebaran 2024 dengan menggunakan sepeda motor pribadi? anda harus menyiapkan beberapa hal ini agar bisa lancar. Berikut pembahasan lengkapnya bisa Anda simak dibawah ini.

Lebaran 2024 tinggal menghitung hari saja, pastinya banyak orang yang ingin pulang kampung untuk melepas rindu. Mudik lebaran 2024 sendiri, sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

Ada yang melakukan perjalanan mudik lebaran 2024 menggunakan mobil, kereta, pesawat, hingga sepeda motor. Berdasarkan data mudik lebaran tahun kemarin, banyak juga masyarakat Indonesia yang mudik lebaran menggunakan sepeda motor.

Nah pada pembahasan artikel ini akan dijelaskan apa-apa saja yang mesti Anda persiapkan untuk melaksanakan mudik lebaran 2024. Berikut penjelasan selengkapnya bisa Anda simak melalui segmen dibawah ini.

BACA JUGA: Bakal Ada Diskon 10 Persen di Ruas Tol Kanci-Pejagan saat Arus Mudik, Cek Syarat Ketentuannya

Persiapan mudik lebaran menggunakan sepeda motor

1. Kondisi Sepeda Motor

Hasl pertama yang Anda harus periksa untuk mudik menggunakan sepeda motor adalah periksa kondisi sepeda motor itu sendiri. Anda bisa mengganti oli motor dengan yang baru sesuai dengan ajuran pabrik.

Selanjutnya Anda juga bisa memeriksa kondisi kampas rem depan dan belakang motor. Apabila kampas rem sudah menipis, Anda bisa menggantinya dengan yang baru dibengkel resmi atau bengkel terdekat Anda.

Jangan lupa aki juga harus Anda cek untuk meminimalisir resiko aki soak. Selain itu Anda juga harus periksa juga sistem kelistrikan, lampu-lampu, dan klakson, pastikan semua berfungsi dengan baik.

2. Memeriksa Rute yang Aman

Memeriksa rute yang aman akan membantu perjalanan mudik lebaran 2024 Anda agar lebih lancar dan terhindar dari masalah. Anda juga bisa memilih rute yang tidak memiliki potensi untuk macet.

BACA JUGA:Jelang Arus Mudik, Polisi Sidak Takaran BBM SPBU di Tegal, Ini Tujuannya

Selain itu dengan mempelajari rute perjalanan, Anda bisa menandai letak lokasi SPBU, bengkel motor, dan tempat istirahat. Anda juga bisa mengetahui posko mudik dan layanan kesehatan darurat, dengan mempelajari rute perjalanan.

Sumber: