5 Cara Membedakan Smart TV dan Android TV yang Paling Mudah, yang Awam Bisa Gampang Paham

5 Cara Membedakan Smart TV dan Android TV yang Paling Mudah, yang Awam Bisa Gampang Paham

5 cara membedakan Smart TV dan Android TV yang paling mudah-freepik-

Sementara Smart TV memiliki program aplikasi yang terbatas, sehingga hal ini membuat pengguna jadi tidak bisa mengakses sejumlah aplikasi.

3. Upgrade otomatis

Cara membedakan Smart TV dan Android TV yang paling mudah selanjutnya yaitu melihat dari sisi fitur upgrade otomatisnya.

Android TV lebih unggul dalam hal ini, sebab perkembangan dari TV ini aktif terutama saat terhubung WiFi. Sehingga, proses upgrade atau update program aplikasi jadi lebih mudah dibanding Smart TV.

4. Asisten suara

Perbedaan antara Smart TV dan Android TV juga dilihat dari fitur asisten suara. Android TV yang didukung oleh Google jadi memudahkan pengguna mengoperasikan TV hanya lewat perintah suara, misalnya mengganti saluran konten atau program aplikasi.

BACA JUGA : 5 Smart TV Murah Terbaik 2023 untuk Kamar Kecil, Gambar dan Kualitas Audionya Oke Banget

Sementara Smart TV mengharuskan penggunanya mengetik pada keyboad yang ada di layar jika ingin mengganti saluran atau aplikasi. 

Meski begitu, kini sudah ada beberapa Smart TV yang sudah bisa menggunakan perintah suara dengan perangkat tambahan seperti Alexa.

5. Tampilan layar

Hal yang membedakan Smart TV dan Android TV juga dilihat dari tampilan layar. Pengguna bisa menampilkan konten pada smartphone ke layar TV Android berkat bantuan Asisten Google dan Chromecast bawaan.

Sementara pada Smart TV tidak bisa melakukan hal tersebut jika tidak ada perangkat tambahan dan tentunya akan menambah biaya lagi.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Android TV Murah Tanpa STB, Nonton Siaran Digital Jadi Lebih Gampang

Kesimpulan

Ada 5 perbedaan antara Smart TV dan Android TV yang paling terlihat. Bisa Anda perhatikan mulai dari sistem operasi, program yang disediakan, fitur upgrade otomatis, asisten suara, sampai tampilan layarnya.

Sumber: