Sate Blengong Brebes Resmi Jadi Kuliner Warisan Budaya, Menu Unik yang Kini Kerap Diincar Pejabat

Sate Blengong Brebes Resmi Jadi Kuliner Warisan Budaya, Menu Unik yang Kini Kerap Diincar Pejabat

MENIKMATI - Warga luar daerah menikmati kuliner sate blengong Brebes yang disajikan bersama kupat glabed di Kelurahan Pasarbatang. -EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

Blengong merupakan salah satu jenis unggas hasil persilangan antara itik dengan entog. Teknologi pangan dengan bahan baku unggas blengong menjadi variasi pusaka kuliner selain telur asin.

Selain itu, sate blengong membuktikan perpaduan pengaruh kuliner salah satunya adalah kuliner kari. Karena kuah sate blengong berbahan ramuan rempah-rempah plus santan dengan rasa pedas gurih.

BACA JUGA:Cerita Sejarah Sate Blengong Khas Brebes Sukses Pukau Pengunjung Brebes Expo

"Sejarah kuliner sate blengong berasal dari kampung Pasarbatang Kecamatan Brebes. Dimulai dari tokoh Marda dengan berkeliling kampung sejak tahun 1970-an," ungkap Wijanarto. 

"Dari Marda inilah melahirkan generasi penjual sate blengong seperti keluarga Kasturi, keluarga Kari. Mereka menjual sate blengong dan kupat sayur di komplek alun alun Brebes, Saditan, dan Islamic Center Brebes," lanjut dia. 

Blengong yang telah dicuci bersih dan dipotong potong direbus hingga lunak. Kemudian disindik dengan batang lidi kelapa dengan panjang 25-30 cm.

Baru kemudian dimasukkan dalam kuah yang kemerahan karena pengaruh adonan lombok merah. Pengaruh gulai kari menjadi bukti keterpengaruhan kuliner Melayu India. 

BACA JUGA:Mitos Sate Kelinci OW Guci Kabupaten Tegal, Katanya Bisa Bikin Cepat Hamil!

Seperti layaknya masakan Padang dan Aceh, diplomasi kuliner itu juga mempengaruhi sate blengong.

"Sate blengong dimakan bersama dengan lontong sayur berkuah santan gurih di atasnya ditaburi bawang goreng dan kerupuk," tutur Wijanarto, selaku sejarawan pantura ini.

Dia menuturkan, pengolahan daging dan pemanfaatan bumbu rempah merupakan warisan pengetahuan dan teknologi yang menjadikan sate blengong tidak hanya warisan kuliner belaka.

Oleh karenanya perlu dijadikan upaya perlindungan dan pelestarian dengan mencatatkan dan mendaftarkan sebagai warisan budaya tak benda.

BACA JUGA:Kenalan dengan Sate Loso, Kuliner Khas Pemalang yang Bikin Lidah Bergoyang

Pada situasi hawa yang dingin kala musim hujan, makanan sate blengong yang dihidangkan dengan kupat menjadi rasa tersendiri.

Namun yang menarik sate blengong dihidangkan bukan dengan cara dibakar layaknya sate. Namun dihidangkan dengan adonan rempah, cabai yang menghasilkan aroma pedas.

Sumber: