Sate Blengong Brebes Resmi Jadi Kuliner Warisan Budaya, Menu Unik yang Kini Kerap Diincar Pejabat

Sate Blengong Brebes Resmi Jadi Kuliner Warisan Budaya, Menu Unik yang Kini Kerap Diincar Pejabat

MENIKMATI - Warga luar daerah menikmati kuliner sate blengong Brebes yang disajikan bersama kupat glabed di Kelurahan Pasarbatang. -EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sate blengong Brebes resmi ditetapkan menjadi kuliner warisan budaya. Menu ini menjadi andalan Kabupaten Brebes yang sebelumnya juga terkenal dengan telur asinnya.

Sate blengong Brebes ini menjadi salah satu kuliner andalan di Kota Brebes, Jawa Tengah. Kuliner yang tersaji dari daging blengong ini tidak saja menjadi favorit warga setempat.

Namun, keunikan sate blengong Brebes kini membuatnya kerap menjadi incaran para pejabat ketika berkunjung ke ujung barat Jawa Tengah ini. Karena keunikan sejarah, bentuk, rasa, dan penyajiannya, sate blengong Brebes kini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). 

Secara resmi, sertifikat warisan budaya untuk sate blengong Brebes ini diserahkan ke Pemkab Brebes pada Kamis, 27 Oktober 2023. Sertifikat WBTB diserahkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

BACA JUGA:Keren! Sate Blengong Jadi Satu Dari 213 WBTB yang Baru Disahkan Kemendikbud Ristek

Sate blengong Brebes bermula dari Pasarbatang

Kepala Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Brebes Wijanarto mengatakan, sate blengong Brebes bermula dari kampung Pasarbatang. Kuliner sate blengong berkembang dan dipasarkan di wilayah kampung Pasarbatang. Kampung ini dikenal sebagai lahirnya produk kuliner ini.

Dasawarsa 1990-an telah menyebar di luar kampung Pasarbatang seperti di wilayah Brebes Kota (komplek Alun-alun Brebes), Wanasari, Saditan, Limbangan hingga Bulakamba. 

"Dipastikan beberapa penjual sate blengong merupakan keluarga besar, seperti keluarga Kasturi, Khasanah, Mulyono, dan Khalimi," ungkap Wijanarto, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Bahkan, lanjut Wijanarto, penyebaran kuliner khas ini meluas dan dijajakan di Rest Area Banjaratma terdapat lapak penjualan sate blengong.

BACA JUGA:Walikota Dedy Yon Ajak Pj Gubernur Jateng Makan Sate di Tegal

Khazanah pusaka kuliner

Warisan kuliner inilah yang menjadikan sense of remembrance warga Brebes yang merantau keluar Brebes. Sehingga produk kuliner ini merekatkan proses silaturahim sosial.

Menurutnya, sate blengong Brebes menjadi khazanah pusaka kuliner di Kabupaten Brebes. Kuliner tersebut memadukan pengetahuan dan keterampilan pengolahan pangan. 

Sumber: