Keren! Sate Blengong Jadi Satu Dari 213 WBTB yang Baru Disahkan Kemendikbud Ristek

Keren! Sate Blengong Jadi Satu Dari 213 WBTB yang Baru Disahkan Kemendikbud Ristek

Sejumlah warga saat melakukan pembuatan Sate Blengong.(Dokumen Dinbudpar Brebes)--

RADAR TEGAL - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) 13 Okober 2023 lalu mengesahkan 213 Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Dari ratusan WBTB yang baru disahkan, salah satunya yakni Sate Blengong khas Kabupaten Brebes.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Brebes melalui Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata  Wijanarto membenarkan kalau Sate Blengong asli Brebes sudah ditetapkan sebagai WBTB. Sate Blengong disahkan sebagai WBTB sesuai dengan SK Mendikbud Ristek No.315/M/2023 tentang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2023 tanggal 13 Oktober 2023 lalu.

Ada 213 WBTB di Indonesia yang ditetapkan. Salah satunya sate Blengong Brebes.

BACA JUGA:Cerita Sejarah Sate Blengong Khas Brebes Sukses Pukau Pengunjung Brebes Expo

"Diusulkan dan dibuat naskah kajian sejak tahun 2022 lalu. Dan alhamdulillah, tahun ini Sate Blengong sudah tercatat sebagau WBTB," ujarnya, Jumat 27 Oktober 2023.

Dia menjelaskan, ada beberapa alasan pengajuan Sate Blengong sebagai WBTB. Yng pertama, pusaka kuliner yang disukai bukan hanya masyarakat Brebes tapi masyarakat di luar Brebes. Kedua, jejak historis pada produk kuliner tersebut, kemudian, memiliki potensi obyek pemajuan kebudayaan yang mendapatkan prioritas perlindungan, pemanfaatan dan pengembangan. 

"Selain itu menjadi ikon kuliner Brebes selain telor asin yang legendaris. Dan alasan terakhir karena potensi gastrodiplomasi yang perlu memperoleh perhatian pemangku kebijakan lainnya," jelasnya.

Dia berharap, dengan ditetapkannya Sate Blengong menjadi WBTB menambah penghargaan yang sama di bidang lainnya. Seperti, Telur Asin, Batik Salem dan Upacara Ngasa di Kampung Adat Jalawastu sudah terdaftar sebagai WBTB.

BACA JUGA:Incaran Wisatawan, Di sini Tempat Makan Sate Blengong Tegal yang Mantul

"Penghargaan ini menjadi kebanggaan kita semua, khususnya masyarakat Kabupaten Brebes. Semoga ke depan akan ada banyak lagi WBTB-WBTB lainnya yang berasal dari Kabupaten Brebes," pungkasnya. (*)

Sumber: