5 Cara Merawat Kompling Mobil agar Tetap Awet, Lakukan Cara Ini Dengan Benar

5 Cara Merawat Kompling Mobil agar Tetap Awet, Lakukan Cara Ini Dengan Benar

5 Cara merawat koling mobil dengan benar bagi pemula harus tahu--freepik

RADAR TEGAL - Cara merawat kopling mobil sebenarnya sangat mudah dan tidak perlu biaya yang terlalu banyak. Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

Dalam merawat kopling mobil tentunya kita harus tahu cara dan pantangan yang ada. Sebisa mungkin kita jaga kondisi kopling agar tetap optimal.

Terkadang jika kita masih pemula tentunya masih belum begitu paham cara merawat kopling mobil dengan benar. Untuk itu kita perlu membaca buku pedoman atau bertanya kepada yang lebih ahli.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang 5 cara merawat kopling mobil. Coba lakukan hal berikut ini agar kopling kamu lebih bertahan lama.

BACA JUGA:3 Penyebab Mahalnya Biaya Perawatan Mobil Matic, Yakin Masih Pengin Beli?

BACA JUGA:5 Keunggulan Daihatsu Sirion 2023 dengan Banyak Fitur, Salah Satu Mobil Hatchback Terbaik

5 Cara merawat kopling mobil agar lebih awet

1. Hindari banjir

Salah satu hal yang sering kita lupa adalah dengan membiarkan mobil kita menerobos banjir. Hal tersebut justru salah yah.

Komponen kopling kamu bisa rusak jika memaksakan untuk melewati banjir. Resiko dari hal ini biasanya adalah kopling akan mengalami kemacetan.

2. Mode netral ketika berhenti

Sebaiknya kamu lebih memilih menetralkan mesin kamu dahulu ketika dalam keadaan berhenti di lampu merah atau di tanjakan. Hal ini untuk meringankan kinerja dari kopling.

Kamu bisa merasakan pegal jika memang melakukan hal ini terus menerus. Selain itu, kamu juga akan kehilangan kinnerja dari kopling karena semakin menipisnya kampasnya.

BACA JUGA:4 Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis dan Cara Ceknya, Bisa Pengaruhi Performa Berkendara

BACA JUGA:Mobil Mogok di Jalan Tol? Tetap Tengan dan Jangan Panik, Begini Cara Pertama Mengatasinya

3. Cara merawat kopling mobil dengan menghindari menginjak koling

Selanjutnya, kamu bisa membuat koling kamu menjadi semakin awet dengan tidak menginjaknya terus menerus. Kebiasaan yang tidak kita sadari adalah menginjak kopling meski kita sudah dalam keadaan jalan.

Menginjak kopling ini mungkin hanya sedikit dan tidak kita sadari. Hal itu justru membuat kopling cepat aus.

4.Setarakan kecepatan dengan gigi

Sumber: