Tak Perlu Takut Lagi, Lakukan Cara Tepat Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah atau Kantor

Tak Perlu Takut Lagi, Lakukan Cara Tepat Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah atau Kantor

CERDAS - Cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah atau tempat kerja sangat penting dikehui nasabah, supaya tidak kalah mental saat ditagih.--

radartegal.id – Cara yang tepat menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah atau kantor untuk menagih hutang, sangat penting diketahui. Sehingga sebagai nasabah, Anda juga mempunyai pengetahuan sesuai aturan main yang tepat.

Misalnya jangan langsung membayar atau memberikan uangnya, namun harus memastikan dulu sejumlah hal. Cara tepat menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah dan kantor ini juga sebagai informasi agar Anda terhindar dari petugas bodong.

Tidak jarang ada debt collector palsu yang datang ke rumah dan tempat kerja hanya untuk mencari keuntungan pribadi. Nah artikel ini akan membahas tuntas tentang cara tepat menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah atau kantor tempat bekerja. 

BACA JUGA: 10 Tips Hadapi DC Pinjol yang Berkelakuan Tidak Baik, Jangan Gegabah dan Hadapi dengan Tenang

Waspadai modus penagihan hutang

Biasanya saat nasabah galbay alias gagal bayar cicilan lewat dari 90 hari setelah jatuh tempo, nantinya akan ada petugas debt collector pinjol yang datang ke rumah. Apalagi jika si nasabah mengajukan pinjaman pada pinjol legal OJK yang memang memiliki DC lapangan.

Namun, debt collector tidak langsung datang ke rumah begitu saja. Tahapan penagihan hutang DC pinjol pertama via media komunikasi seperti pesan teks atau telepon.

Selanjutnya, mereka akan mengirimkan surat peringatan kedatangan jika si nasabah tidak responsif atau tidak kunjung membayarkan hutangnya. Barulah selanjutnya petugas DC akan datang ke rumah menagih secara langsung hutang nasabah yang bersangkutan.

BACA JUGA: Cara Ampuh Hadapi DC Pinjol, Bukan Diblok Nomornya atau Pindah Rumah

Cara tepat menghadapi DC pinjol

Saat ada debt collector yang datang ke rumah menagih hutang, Anda jangan langsung mau membayarkan begitu saja. Ada sejumlah hal yang harus dipastikan sebelum Anda memberikan uang kepada mereka.

Anda yang sebagai nasabah memiliki hak untuk mengecek identitas dan sejumlah dokumen yang dibawa DC pinjol, demi memastikan bahwa mereka memang benar petugas resmi. Berikut dokumen yang harus dimiliki DC pinjol saat datang ke rumah atau tempat kerja untuk menagih hutang.

  • Cocokan lebih dulu ID card dengan identitas DC terkait
  • Cek surat tugas nama pemberi dan penerima
  • Minta perlihatkan sertifikasi profesi penagihan petugas 

BACA JUGA: Tips Menghadapi DC Pinjol Ketika Galbay, Begini Seharusnya yang Dilakukan Tanpa Adu Ngotot

Jika memang DC pinjol yang bersangkutan memiliki dokumen tersebut secara sah, selanjutnya Anda bisa melakukan cara tepat berikut ini untuk hadapi DC pinjol yang datang ke rumah. Pertama, Anda harus tetap tenang dan sopan ketika dimintai untuk membayar hutang.

Sumber: