Lakukan Investigasi Awal, AdaKami Cari Debitur Berinisial K yang Viral Akhiri Hidup usai Diteror

Lakukan Investigasi Awal, AdaKami Cari Debitur Berinisial K yang Viral Akhiri Hidup usai Diteror

OJK- Dalam siaran persnya, OJK berjanji akan bertindak tegas jika dari hasil pemeriksaan menemukan adanya pelanggaran ketentuan pelindungan konsumen. Termasuk soal AdaKami.-Tangkapan Layar-

Pihaknya menegaskan, sebagai perusahaan yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, AdaKami memahami dan patuh terhadap aturan yang berlaku di Indonesia. Adakami penuhi panggilan OJK menunjukkan kepatuhan lembaga keuangan tersebut.

Hal itu termasuk dalam mengusut tuntas kasus tersebut. Dia memastikan, saat ini proses investigasi belum berlangsung dengan baik karena keterbatasan informasi yang ada mengenai pengguna. 

BACA JUGA:9 List Pinjol Legal yang Punya DC Lapangan, Waspada Tindak Penagihan Berlebih Terutama Nasabah Galbay

BACA JUGA:Daftar Pinjol Legal yang Termasuk BI Checking, Hati-hati DC Pinjol Bakal Incer Nasabah Galbay

Namun, berdasarkan pengecekan AdaKami terhadap nomor penagih yang beredar di media sosial, Bernardino menuturkan saat ini hasil penyelidikan menunjukkan bahwa nomor tersebut tidak terdaftar dalam sistem.

"Jika ada pihak yang memiliki informasi terkait, kami mohon untuk segera menghubungi AdaKamim elalui call center di 15000-77 atau email [email protected] dengan melampirkan bukti yang lengkap,” jelas Bernardino.

Bernardino menegaskan, AdaKami sebagai platform P2P Lending akan menindaklanjuti dengan upaya mendapatkan data pribadi lengkap seperti nama lengkap, nomor KTP, dan nomor ponsel. 

"Ini dilakukan pemeriksaan apakah korban benar nasabah AdaKami yang memiliki tunggakan dan melacak rekam proses penagihan," ucap Bernardino.

Dia menuturkan, data pribadi tersebut menjadi kunci keberlangsungan investigasi yang menyeluruh dan untuk memastikan setiap aktivitas yang terjadi di platform AdaKami sesuai dengan hukum dan regulasi yang berlaku.

Berdasarkan informasi yang beredar berdasarkan unggahan akun @rakyatvsoinjol di Twitter yang menerangkan bahwa korban berinisial K, berjenis kelamin pria, sudah berkeluarga memiliki anak berumur tiga tahun. K nekat mengakhiri hidupnya pada Mei 2023 setelah diteror penagihan utang secara tidak wajar.

BACA JUGA:Wilayah Kerja DC Pinjol Lapangan Terbaru 2023, Cek Selengkapnya

BACA JUGA:DC Pinjol Lapangan Bisa Kena Pasal Pencurian, Ini Aturan Lengkap Penagihan Pinjol OJK Pakai Debt Collector

Akun medsos banjir komentar

Terungkapnya dugaan teror DC pinjol yang berbuntut bapak satu anak nekat mengakhiri hidup membuat pinjol Adakami viral di media sosial. Tidak hanya trending di Twitter, Adakami juga banyak digunjing di media sosial lainnya.

Salah satunya di aplikasi video pendek TikTok. Bahkan, akun resmi pinjol Adakami ikut menjadi sasaran kemarahan netizen atas kasus viral tersebut.

Sumber: ojk.go.id