Pabrik di Brebes Kena Sweeping, Seorang Tenaga Kerja Asing Kedapatan Belum Bayar Retribusi

Pabrik di Brebes Kena Sweeping, Seorang Tenaga Kerja Asing Kedapatan Belum Bayar Retribusi

SWEEPING - Tim gabungan melakukan sweeping penggunaan TKA di pabrik-pabrik di Kabupaten Brebes. -EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

Bagian HRD PT API Toni mengakui, ada lima TKA yang bekerja di pabrik yang berada Jalan Lingkar Utara Brebes-Tegal tersebut. Mereka terdiri dari tiga orang TKA standby di pabrik tersebut, sedangkan dua orang TKA lainnya sering berpindah-pindah ke pabrik induk yang berada di Karawang, Jawa Barat. Kedua TKA tersebut setiap dua pekan kembali ke pabrik induk dan tidak menetap di Brebes. 

"Tiga orang yang standby di PT API Brebes ini, dua orang di antaranya izin tinggalnya sudah habis di awal Oktober ini. Sedangkan yang satu orang TKA belum bayar karena sedang berproses. Untuk TKA yang lain sudah bayar retribusi lewat Kementerian Tenaga Kerja," ungkap dia. 

BACA JUGA:Kunjungan ke Brebes, Bapanas Cek Sejumlah Gudang Bawang Merah, ABMI : Semoga Pemerintah Serap Bawang Petani

BACA JUGA:Tim Gabungan DPRD dan Pemkab Brebes Sidak Pabrik, Ini yang Dihasilkan

Dia menyebut, TKA yang bekerja di PT API ada 11 orang. Lima orang di antaranya bekerja di PT API yang berada di Jalan Lingkar Brebes-Tegal dan sisanya enam orang bekerja di pabrik induk yang berada di Karawang Jawa Barat. 

"Jadi tadi ada salah persepsi. Semuanya memang 11 orang TKA, tapi tidak semuanya kerja di sini. TKA yang kerja di sini hanya lima orang, sisanya itu di pabrik induk," tandasnya. ***

Sumber: