Fakta menarik Lemper: Mengenal Makna dan Filosofi di Balik Kue Tradisional Indonesia ini

Fakta menarik Lemper: Mengenal  Makna dan Filosofi di Balik Kue Tradisional Indonesia ini

--

 

Selain itu,karena kelezatannya lemper juga mereka anggap sebagai simbol persaudaraan. Tekstur lengket yang dari ketan mengibaratkan persaudaraan yang erat. Tradisi menyajikan lemper dalam acara juga mereka yakini sebagai simbol rezeki yang berlimpah untuk sang tuan rumah.

 

Mengenai fakta menarik lemper selantunya yaitu Variasi Lemper yang ada saat ini. lemper tidak hanya bisa kita nikmati dalam versi tradisionalnya. Ada banyak variasi modern yang tak kalah enak, seperti lemper bakar, lemper goreng tepung, dan lemper ketan hitam.

 

Semua variasi lemper ini sangat lezat dan cocok jika kita jadikan sebagai teman minum teh yang bisa kita nikmati bersama keluarga tercinta.

 

Dalam Budaya Indonesia

 

Fakta menarik lainnya tentang lemper yang membuktikan betapa kue tradisional ini.Tak hanya sekadar hidangan lezat, tetapi juga memiliki filosofi dan makna mendalam dalambudayaa masyarakat Jawa.

BACA JUGA:Sejarah Gudeg Jogja, Sejak Awal Kerajaan Mataram Hingga Masa 1970-an

 

Misteri mengenai asal usulnya menambah daya tarik tersendiri. Dari filosofi "Yen dilem, ojo memper" artinya bila kita dapat sanjung jangan takabur. Makna arti ini mengingatkan kita untuk tetap rendah hati di tengah pujian dan keberhasilan.

 

Salah satu fakta menarik lemper terlihat  dari Tradisi lemper juga terus berlanjut dalam berbagai acara upacara sakral. Hal ini menghubungkan generasi-generasi sebelumnya dengan masa kini.

Sumber: