Fakta menarik Lemper: Mengenal Makna dan Filosofi di Balik Kue Tradisional Indonesia ini

Fakta menarik Lemper: Mengenal  Makna dan Filosofi di Balik Kue Tradisional Indonesia ini

--

RADAR TEGAL-Berbicara mengenai Fakta Menarik Lemper, lemper meruapakan salah satu kue tradisional.   Makanan yang populer di indonesia hingga saat ini masih menjadi primadona  pada berbagai Acara.

 

Selain itu,lemper ini yang terbuat dari ketan dengan isian cincangan daging, kue yang dibungkudengan daun pisang ini. Memiliki fakta menarik lemper dan makna filosofis yang kental dalam budaya masyarakat Jawa.

 

Fakta Menarik Lemper dalam setiap yang mereka sajikan dalam berbagai acara, terkandung cerita dan makna yang melekat dalam setiap suapan.

 

Melalui fakta menarik lemper ini,lemper terus mengagumkan. Dari menjadi simbol kebersamaan, persaudaraan, dan warisan budaya yang perlu kita bersama melestarikan dan hargai oleh generasi selanjutnya.

 

Sejarah dan Filosofi Lemper

 

Mengenai lemper makan tradisional ini belum pasti siapa serta darimana asal mula makanan ini.Namun, kue ini sangat kental dengan masyarakat Jawa, terutama Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Awal mulanya makanan ini terbuat dengan isian parutan kelapa muda yang sudah mereka  bumbui.

 

Namun, seiring berjalannya waktu isian lemper berubah menjadi cincangan daging seperti ayam, sapi, dan ikan.Menganai Filosofinya lemper dari Pepatah Jawa "Yen dilem, ojo memper" merupakan kepanjangan dari kata "lemper".

Sumber: