Sejarah Gedung Birao Jadi Saksi Bisu Perlawanan Warga Tegal Melawan Belanda dan Kibarkan Bendera Merah Putih

Sejarah Gedung Birao Jadi Saksi Bisu Perlawanan Warga Tegal Melawan Belanda dan Kibarkan Bendera Merah Putih

Ilustrasi sejarah Gedung Birao jadi saksi bisu perlawanan warga Tegal melawan Belanda berhasil kibarkan bendera merah putih.--

RADAR TEGAL - Kisah sejarah gedung Birao yang menjadi saksi bisu perlawanan warga Tegal melawan penjajah Belanda dan berhasil kibarkan bendera merah putih.

 

Perjuangan warga Tegal melawan penjajah Belanda pada saat itu penuh dengan heroik dengan disaksikan gedung Birao yang kini jadi saksi bisu dan sejarah dengan berhasilnya kibarkan bendera merah putih.

 

Seperti apa serunya sejarah gedung Birao jadi saksi bisu perlawanan warga Tegal melawan Belanda dan berhasil kibarkan bendera merah putih? Mari kita telusuri kisahnya.

 

Tegal, sebuah kota strategis di pesisir utara Jawa, memiliki sejarah yang kaya selama masa pemerintahan Hindia Belanda pada abad ke-18 hingga ke-20 M. 

 

Keberadaan jalur kereta api yang menghubungkan kota-kota di sepanjang pesisir utara Jawa membuatnya menjadi daerah yang penting pada masa itu. 

 

Dan salah satu saksi bisu dari perlawanan warga Tegal melawan penjajah Belanda adalah Gedung Birao, bekas kantor perusahaan kereta api swasta Semarang-Cheribon Stoomtram Matschappij (SCS) yang merupakan anakan perusahaan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). 

 

Bangunan ini menjadi lambang perlawanan dan perjuangan untuk mengibarkan bendera Merah Putih.

 

Sumber: