BLT Dana Desa Jejeg Kabupaten Tegal Tahap III Sebesar Rp900 Ribu Cair, Disalurkan ke 149 KPM

BLT Dana Desa Jejeg Kabupaten Tegal Tahap III Sebesar Rp900 Ribu Cair, Disalurkan ke 149 KPM

Kades Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Saeful Amin menyalurkan BLT DD kepada warganya di Kantor Desa Jejeg.-Yeri Noveli-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.COM - Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal cair.

BLT disalurkan kepada 149 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Desa Jejeg pada Rabu siang 30 November 2022.

Kepala Desa Jejeg, Saeful Amin mengatakan, BLT DD di desanya disalurkan kepada 149 KPM yang tersebar di 4 RW. 

Setiap KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu perbulan. Untuk tahap III ini akan dibagikan tiga bulan sehingga setiap KPM mendapatkan Rp900 ribu.

BACA JUGA:Soal Pelayanan Investasi di Jateng, Ganjar Pastikan Mudah, Murah, Cepat dan Tanpa Pungli

“Semula, kita (pemerintah desa) akan membagikan secara door to door untuk mengantisipasi keamanan saat pembagian. Tapi, pihak kecamatan meminta dipusatkan di Balai Desa Jejeg. Sehingga kita mengikuti arahan dari pihak kecamatan," kata Saeful Amin.

Saeful tak menampik, pembagian BLT DD mengalami keterlambatan yang seharusnya dibagikan pada awal Oktober. Namun, karena uang tersebut dialihkan ke kegiatan lain, sehingga mengalami keterlambatan.

Pengalihan itu terjadi saat bulan Agustus, dimana masyarakat menghendaki adanya perayaan HUT RI.

BACA JUGA:Anggaran Dana Desa di Pemalang Berkurang Rp20 Miliar di Tahun 2023

Hal itu mengingat selama dua tahun tidak ada kegiatan kemeriahan HUT RI. Padahal, pihaknya tidak menganggarkan untuk kegiatan HUT RI dalam APBDes Jejeg tahun 2022. 

“Ini karena aspirasi masyarakat, sehingga kegiatan perayaan HUT RI tetap dilaksanakan. Anggaran untuk kegiatan itu mencapai Rp80 juta,” bebernya.

Dia menegaskan, uang Rp80 juta yang diambilkan dari BLT DD telah digantinya dengan uang pribadi. Ia secara ikhlas menanggung uang tersebut demi masyarakat Desa Jejeg.

BACA JUGA:MAMA 2022, Hwang Min Hyun Bikin Penonton Bergemuruh, Im Siwan Batal Hadir

Pihaknya bertanggungjawab untuk tetap menyalurkan BLT DD untuk tahap III. Sedangkan untuk BLT DD tahap IV bulan Oktober, November dan Desember, uangnya belum dicairkan.

Sumber: