Diwisuda, Ratusan Lansia di Brebes Dapat Gelar S1 dan S2 Versi Sekolah Ini

Diwisuda, Ratusan Lansia di Brebes Dapat Gelar S1 dan S2 Versi Sekolah Ini

Ratusan lansia di Kabupaten Brebes diwisuda setelah mereka memperoleh gelar 'sarjana', Selasa 13 Agustus 2024.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Ratusan lansia di Kabupaten Brebes diwisuda setelah mereka memperoleh gelar 'sarjana', Selasa 13 Agustus 2024. Dalam proses wisuda itu dibagi menjadi dua gelombang.

Prosesi wisuda yang pertama digelar di Kecamatan Sirampog dan gelombang kedua digelar di Kecamatan Ketanggungan. Para lansia ini memperoleh gelar 'sarjana' setelah mereka mengikuti kegiatan selama sepuluh pertemuan dalam satu tahun.

 

Mereka belajar di bangku sekolah lansia dengan materi terkait keagamaan, kesehatan, dan mental. Sekolah ini dibuka agar para lansia bisa menjalani hidupnya dengan bahagia, produktif, dan mandiri.

 

Salah seorang wisudawan paling tua adalah Faridah, lansia berusia 78 tahun. Ia mengaku tertarik mengikuti sekolah lansia karena keinginannya. Menurutnya, berbagai pelajaran yang disampaikan di sekolah ini cukup banyak mulai dari kesehatan, senam, hingga spiritual. 

 

BACA JUGA: Unik! Pengantin Lansia di Brebes Gelar Akad Nikah di MPP

 

BACA JUGA: Alhamdulillah! Rumah Lansia di Brebes yang Ambruk Rampung Diperbaiki

 

"Setelah diwisuda ini nanti ilmu ditularkan kepada cucu-cucu saya," kata Faridah, siswa cumlaude, usai diwisuda di Puti Garden Kecamatan Ketanggungan, Selasa 13 Agustus 2024. 

 

Kepala Sekolah Lansia Senja Bersinar Desa Kubangjati Kecamatan Ketanggungan, Sofa Anggraeni mengatakan, siswa yang diwisuda di sekolahnya berjumlah 36 orang.

 

Dengan siswa yang usianya paling tua yakni berusia 78 tahun. Sekolah ini menjadikan mereka bahagia karena bisa bertemu dengan teman-temannya. 

 

"Para lansia ini merasa hatinya senang, dan sekolah ini menjadi wadah silaturahmi para lansia. Karena mereka juga mengikuti senam lansia agar mereka tetap selalu sehat," ungkapnya. 

 

BACA JUGA: Lansia di Brebes Rawat Anaknya yang ODGJ Selama 15 Tahun, Anggota DPRD: Pemkab Harus Bantu

 

BACA JUGA: Cara Unik dan Menarik Bhabinkamtibmas Polres Pemalang Motivasi Lansia untuk Rutin Cek Kesehatan di Posyandu

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Brebes, Ahmad Makmun mengatakan, untuk wisuda tahun ini ada sekitar 164 lansia dari tiga sekolah yang diwisuda. Untuk wisuda gelombang pertama sekolah lansia di Kecamatan Sirampog berjumlah  86 orang.

 

Kemudian wisuda gelombang kedua gabungan dari Desa Kubangjati Kecamatan Ketanggungan dan Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba sebanyak 78 orang. Jumlah itu terdiri dari 36 siswa Sekolah Lansia Senja Bersinar Desa Kubangjati dan 42 siswa dari sekolah Moro Sehat Desa Bulusari. 

 

"Dalam pendidikan ini mereka mengikuti selama sepuluh pertemuan dalam satu tahun dengan materi terkait keagamaan, kesehatan, dan mental. Sekolah ini agar para lansia bisa menjalani hidupnya dengan bahagia, produktif, dan mandiri," ucapnya. 

 

Dia melanjutkan, sekolah lansia merupakan Program Bangga Kecana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana). Syarat untuk mengikuti sekolah ini adalah orang yang berusia minimal 60 tahun. Sedangkan untuk usia di bawah 60 tahun juga bisa masuk sekolah ini karena mereka memasuki pra lansia. 

 

BACA JUGA: Sekolah Lansia Kota Tegal Luluskan 70 Orang, Setelah Belajar Selama 7 Bulan

 

BACA JUGA: Begini Cara Desa Wanarata Pemalang Ciptakan Lansia Mandiri Sejahtera dan Tangguh

 

"Mereka mendapat gelar sarjana versi sekolah lansia. Beberapa juga ada yang memperoleh gelar S2. Mereka adalah siswa lansia yang sebelumnya diwisuda S1. Kemudian lanjut sekolah, mengikuti pertemuan di sekolah lansia," tandasnya.

Sumber: