Begini Cara Desa Wanarata Pemalang Ciptakan Lansia Mandiri Sejahtera dan Tangguh

Begini Cara Desa Wanarata Pemalang Ciptakan Lansia Mandiri Sejahtera dan Tangguh

Lansia Desa Wanarata Pemalang ikut pembinaan BKL untuk menjadi lansia mandiri sejahtera dan tangguh.-Siti Maftukhah-

RADAR TEGAL - Lanjut usia atau Lansia bukan akhir segalanya. Buktinya, tidak sedikit Lansia di Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang yang mampu hidup mandiri, tangguh, dan sejahtera.

Lantas, bagaimana lansia di desa yang berlokasi dilereng Gunung Slamet itu dapat hidup mandiri sejahtera dan tangguh?

Pemerintah Desa Wanarata memiliki cara sendiri untuk menciptakan lansia mandiri sejahtera dan tangguh. Salah satunya dengan menggalakan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Mengutip situs resmi BKKBN, Bina keluarga Lansia (BKL) adalah Kelompok Kegiatan (Poktan) keluarga yang mempunyai lansia. Tujuannya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan keluarga yang memiliki lansia dan lansia itu sendiri untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

BACA JUGA:KIM Desa Kandang Pemalang Juara Lomba Film Pendek Tingkat Jateng Berhadiah Total 50 Juta

Kegiatan inti BKL salah satunya penyuluhan kegiatan pengembangan 7 dimensi lansia tangguh. Adapun pengertian lansia tangguh adalah seseorang atau kelompok lansia yang mampu beradaptasi terhadap proses penuaan secara positif.

Sehingga masa tua berkualitas dalam lingkungan yang nyaman, sehat secara fisik, sosial, dan mental melalui siklus hidupnya aktif, produktif dan mandiri.

Menurut Kukuh Raharso, Penyuluh Lapanga KB Kecamatan Bantarbolang, peningkatan usia harapan hidup penduduk lanjut usia semakin bertambah. Dimana mengalami berbagai perubahan, baik fisik, psikis, maupun sosial ekonomi. 

Hal ini perlu diimbangi dengan peningkatan perhatian lansia, melalui kegiatan kelompok BKL, agar terwujud lansia sehat sejahtera.

BACA JUGA:Dapat Keluhan Jalan Rusak Bupati Pemalang Langsung Sidak, Begini Janji Mansur Pada Warga

"BKL melakukan pembinaan agar lansia dapat mandiri, meskipun usianya telah senja," katanya, Jumat 13 Oktober 2023.

Sementara itu, Edi Cahyadi, dari IPeKB Kabupaten Pemalang mengatakan, pembinaan lansia ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan tentang lansia tangguh.

Dimana tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader BKL, tentang penerapan 7 dimensi lansia tangguh.

Yaitu, untuk mendukung kehidupan lansia agar tetap sehat, mandiri, aktif dan produksi (SMART). Dimana salah satu program terkait lansia yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di lingkungan masyarakat, adalah kelompok kegiatan BKL. 

Sumber: