Cegah Banjir saat Musim Penghujan, DPU Brebes Normalisasi Kali Sigeleng dan Kali Kamal

Cegah Banjir saat Musim Penghujan, DPU Brebes Normalisasi Kali Sigeleng dan Kali Kamal

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes menormalisasi dua kali besar. (Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes menormalisasi dua sungai besar. DPU Brebes normalisasi Kali Sigeleng dan Kali Kamal dengan menggunakan alat berat atau eksavator.

Kepala Bidang Cipta Karya DPU Brebes Mohamad Idrus mengatakan, normaisasi Kali Sigeleng dan Kali Kamal dilakukan dengan melakukan pengerukan material sedimentasi pada saluran drainase. Selain itu, normalisasi itu juga untuk mengambil sampah serta tumbuhan liar berupa eceng gondok yg menghambat aliran air.

 

"Normalisasi sub sistem drainase Sigeleng dan Kamal dengan menggunakan Alat Berat (excavator)," ujarnya, Jumat 2 Agustus 2024.

 

 

"Kegiatan ini memang rutin kami lakukan. Ini untuk menjaga daya tampung air di dua kali tersebut," jelasnya di sela kegiatan normalisasi Kali Sigeleng dan Kali Kamal.

 

BACA JUGA: Atasi Banjir Perkotaan di Tegal, Aliran Kali Siwatu Dinormalisasi dengan Anggaran Rp2,7 Milyar

 

BACA JUGA: Sungai di Kota Slawi Kabupaten Tegal Butuh Normalisasi, Kerap Picu Banjir

 

Dua sungai yang menjadi sasaran DPU itu memiliki panjang yang berbeda. Untuk Kali Sigeleng normalisasinya sepanjang 3,6 Kilometer (KM) dan saluran drainase Kali Kamal sepanjang 1,5 Kilometer.

 

"Harapannya dengan normalisasi daya tampung di dua kali ini bisa maksimal," Idrus menerangkan.

 

Anggota Komisi III DPRD Brebes Waraskahyanti berharap normalisasi Kali Sigeleng dan Kali Kamal yang sedang dilakukan dapat memperoleh dukungan penuh dari seluruh warga. Terutama mereka yang tinggal tidak jauh dari dua sungai tersebut.

 

"Kami mengimbau kepada warga untuk terus menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah ke aliran sungai. Dengan upaya bersama, kita dapat mencegah sedimentasi dan masalah banjir di masa mendatang," terangnya.

 

BACA JUGA: Banjir Ketanggungan, Anggota DPRD Desak Normalisasi Sungai Babakan Brebes

 

BACA JUGA: Alami Pendangkalan, 4 Sungai Besar di Pantura Kabupaten Tegal Harus Dinormalisasi

 

Dengan berbagai upaya ini, diharapkan kawasan di wilayah perkotaan Brebes dapat terhindar dari masalah banjir dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

 

"Kita harapkan dengan normalisasi dua kali ini bisa mencegah banjir saat musim penghujan nanti," terangnya.

Sumber: