Banjir Ketanggungan, Anggota DPRD Desak Normalisasi Sungai Babakan Brebes

Banjir Ketanggungan, Anggota DPRD Desak Normalisasi Sungai Babakan Brebes

Anggota DPRD Brebes M Rizki Ubaidillah mendesak pemerintah menormalisasi Sungai Babakan yang sering meluap jika hujan deras turun di wilayah Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Awal Januari 2024 ini, Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan kembali meluap. Akibatnya, banjir Ketanggungan terjadi. Sejumlah pemukiman di beberapa desa di Kecamatan Ketanggungan terendam.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kabupaten Brebes mendesak Sungai Babakan dinormalisasi. Salah satu anggota DPRD Brebes yang mendesak adanya normalisasi Sungai Babakan untuk mengatasi banjir Ketanggungan adalah Muhammad Rizki Ubaidillah.

Dia berharap, pemerintah bisa segera menormalisasi Sungai Babakan yang menjadi pemicu banjir Ketanggungan. Pemkab Brebes, Pemprov maupun Kementerian PUPR bisa secepatnya melakukan normalisasi Sungai Babakan dan Bendung Cisadap.

"Jangan sampai masyarakat di Kecamatan Ketanggungan selalu kebanjiran setiap kali musim hujan. Ini menunjukkan bahwa penanganan tanggul pada tahun lalu tidak maksimal, khususnya pengerukan Sungai Babakan," ungkapnya, Senin 8 Januari 2024 menyesalkan banjir Ketanggungan.

BACA JUGA: Pasca Banjir Limpasan Sungai Babakan, Warga di Brebes Bersihkan Lumpur yang Berada di Rumah

Lebih lanjut, dia meminta kepada Pemkab Brebes untuk melakukan penanaman pohon (penghijauan, Red) di Kecamatan Ketanggungan. Khususnya di wilayah bagian selatan, dikarenakan banyaknya lahan gundul.

"Apalagi diperkirakan curah hujan akan terus tinggi hingga satu atau dua bulan ke depan. Kami kahwatir pada saat puncak musim hujan banjir akan terus terjadi," imbuhnya.

Terpisah, anggota DPRD Brebes lainnya asal Desa Karangmalang, Zubaedah mengungkapkan, banjir Ketanggungan bakal terjadi sebelum ada normalisasi sungai Babakan.

"Selain mengancam jiwa, banjir juga membuat kerugian material bagi warga di Kecamatan Ketanggungan. Itu juga perlu dipikirkan oleh pemerintah," ucapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya, banjir Ketanggungan melanda 4 desa yakni di Desa Dukuhturi, Padakaton, Karangmalang serta Desa Ketanggungan. Desa tersebut terendam banjir akibat meluapnya Sungai Babakan, Brebes. (*)

Sumber: