Harganas, Pj Bupati Brebes Ajak Warga Refleksikan Peran Membangun Keluarga Berkualitas

Harganas, Pj Bupati Brebes Ajak Warga Refleksikan Peran Membangun Keluarga Berkualitas

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengajak warga untuk merefleksikan kembali peran dan tanggung jawab membangun keluarga yang berkualitas.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengajak warga untuk merefleksikan kembali peran dan tanggung jawab membangun keluarga yang berkualitas. Refleksi itu dilaksanakan dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 ini.

 

"Merefleksikan kembali peran dan tanggung jawab membangun kelurga ini untuk melindungi anak-anak dari segala bentuk ancaman dan diskriminasi," tandas Iwan, Sabtu, 20 Juli 2024.

 

Iwan mengatakan kedua momen tersebut mengajarkan tentang pentingnya keluarga yang harmonis dan perlindungan yang baik terhadap anak-anak. Ini sebagai pondasi utama bagi kemajuan bangsa. Sebab keluarga adalah institusi pertama dan terpenting dalam kehidupan kita. 

 

“Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang mampu memberikan cinta, kasih sayang, dan pendidikan yang baik bagi anggotanya. Keluarga yang harmonis mampu menciptakan lingkungan yang stabil untuk tumbuh kembang setiap individu, termasuk anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa ini,” ungkapnya.

 

 

BACA JUGA: Stunting Jawa Tengah Masih 20,8 Persen, Harganas ke-31 Jadi Momentum Percepatan Penurunan

 

BACA JUGA: Harganas 2024, Sekda Jateng Ingatkan Peran Keluarga dalam Wujudkan Generasi Emas 2045

 

Dalam konteks ini, Pemerintah Kabupaten Brebes berkomitmen untuk terus mendorong program-program yang mendukung ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Iwan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak, serta memperkuat peran keluarga dalam mendidik dan melindungi anak-anak.

 

Tahun ini, Harganas yang bertemakan ‘Keluarga berkualitas menuju Indonesia Emas’ itu mengingatkan akan pentingnya memperkuat nilai-nilai keluarga. Sebagai pondasi bangsa yang akan membangun Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

 

Menurutnya, anak-anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan estafet pembangunan bangsa ini. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bersama untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan hak-haknya.

 

Baik itu hak atas pendidikan, kesehatan, maupun perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi. 

 

BACA JUGA: Peringatan Harganas ke-30 di Kota Tegal, Walikota: Jadikan Momentum Penurunan Stunting

 

BACA JUGA: Harganas Ke-30 Tahun 2023, BKKBN Gembleng 1.220 Kader di Banyuasin Soal Cara Cegah Stunting

 

Dalam kaitan ini, tema HAN 2024 adalah ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’. Tema ini menegaskan pentingnya perlindungan terhadap anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

 

Melalui tema ini, kita diajak untuk lebih peduli terhadap kebutuhan dan hak-hak anak, serta memastikan bahwa mereka mendapatkan lingkungan yang aman, nyaman, dan penuh kasih sayang. Iwan mengajak semua orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya, memberikan mereka cinta, perhatian, dan bimbingan yang diperlukan.

 

“Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak, dengarkan keluh kesah mereka, dan berikan dukungan yang mereka butuhkan untuk meraih cita-cita mereka,” ajaknya. 

 

Kepala Dinas DP3KB Kabupaten Brebes Akhmad Ma'mun melaporkan, ada beberapa kegiatan di antara peringatan Harganas dan HAN. Yakni senam bersama, minum susu dan makan telur serentak, donor darah, pemberian bantuan AKS-10 orang berupa sembako dan bantuan RTLH, pasar murah dan masih banyak kegiatan lainnya.

 

BACA JUGA: Harganas di Kota Tegal Jadi Momen Penting dalam Upaya Tekan Stunting

 

BACA JUGA: Wujudkan Keluarga Berkualitas, Pj Gubernur Jateng Ingatkan Peran Orang Tua dalam Pengasuhan

 

Bersama Penjabat Bupati Brebes, anak-anak juga bisa mengikuti tur keliling Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) dan Pendopo Brebes. Melalui rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan nanti anak-anak Brebes akan mendapatkan pengalaman baru tentang pemerintahan di daerahnya. 

Sumber: