Suami Jennifer Coppen Papa Dali Mualaf Tapi Dikremasi, Ini Hukumnya dalam Islam

Suami Jennifer Coppen Papa Dali Mualaf Tapi Dikremasi, Ini Hukumnya dalam Islam

PAPA DALI- Almarhum Papa Dali saat menghabiskan waktu bersama putrinya, Kamari semasa [email protected]

JAKARTA, DISWAY.ID - Meninggal dunia pada Kamis, 18 Juli 2024 pukul 02.00 WITA, Yitta Dali Wassink, suami Jennifer Coppen masih menyita perhatian publik media sosial. Selain mengejutkan, kenyataan bahwa jenazahnya dikremasi padahal sudah mualaf menuai respon banyak pihak. 

Lalu apa sebenarnya kremasi itu? Dan bagaimana hukumnya kremasi dalam Islam, mengingat pria yang disapa Papa Dali itu sudah memeluk agama Islam sebelum menikah dengan Jennifer?

Sebelum mengetahui hukum Islam terhadap kremasi, berikut ini penjelasan mengenai kremasi yang dikutip dari Disway.id. Kremasi dikenal dengan sebutan pengabuan yang diperbolehkan di beberapa agama.

Agama Hindu dan Buddha mengenalnya sebagai salah satu pilihan selain mengubur jenazah yang telah meninggal dunia. Dari beberapa informasi, keluarga besar Papa Dali adalah penganut agama Buddha. 

BACA JUGA: Suami Jennifer Coppen Papa Dali Meninggal dan Dikremasi, Netizen Pertanyakan Keyakinannya

BACA JUGA: Jennifer Coppen Akui Hamil: Aku Takut dan Senang Pada saat yang Bersamaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kremasi adalah pembakaran mayat hingga menjadi abu. Sebab, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, seperti pengaturan suhu hingga durasi proses kremasi berlangsung.

Pembakaran dilakukan dengan suhu yang tinggi. Hasil proses kremasi berupa fragmen tulang dan partikel yang kemudian digiling menjadi debu halus.

Nantinya, abu tersebut dimasukkan ke dalam sebuah guci dan diserahkan kepada pihak keluarga. Proses ini biasanya dilakukan di sebuah crematorium atau pancake atau biasa juga di sebuah makam di Bali yang disebut setra atau pasetran.

Jenazah suami Jennifer Coppen, Dali Wassink dikremasi pada Jumat, 19 Juli 2024 malam. Hal tersebut sontak menjadi pertanyaan besar bagi warganet mengingat Dali merupakan seorang mualaf.

BACA JUGA: Video Incest si Kembar Beredar, Jennifer Coppen Luapkan Emosi di Instagram

BACA JUGA: Sempat Tak Suka Islam, Richard Lee Malah Dapat Izin Jadi Mualaf dari Istri

Dali Wassink resmi menikah Jennifer Coppen pada 10 Oktober 2023. Pernikahan keduanya pun dilaksanakan sesuai syariat Islam dengan proses ijab kabul.

Jennifer mengungkapkan bahwa Dali sudah memeluk agama Islam atau menjadi seorang mualaf dengan mengucapkan dua kalimat syahadat sebelum menikahinya.

Sumber: