Stunting Jawa Tengah Masih 20,8 Persen, Harganas ke-31 Jadi Momentum Percepatan Penurunan

Stunting Jawa Tengah Masih 20,8 Persen, Harganas ke-31 Jadi Momentum Percepatan Penurunan

HARGANAS- Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Semarang, Minggu, 23 Juni 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SEMARANG, radartegal.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bersama BKKBN dan instansi terkait lainnya seperti TNI-Polri, serta dibantu oleh elemen masyarakat bahu-membahu dalam pencegahan dan penanganan tengkes atau stunting. Sebab, angka stunting Jawa Tengah saat ini masih 20,8 persen.

Hal ini ditegaskan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31. Menurutnya, peringatan ini menjadi momentum untuk mempercepat penurunan angka stunting Jawa Tengah.

"Kita harapkan lewat Harganas ini sosialiasi bebas stunting dan upaya penurunan angka stunting terus dilakukan. Kita harus bahu-membahu bersama," kata Nana di sela acara Family Fun Walk dalam rangkaian peringatan Harganas ke-31 tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Kota Semarang Minggu, 23 Juni 2024.

Selain menyinggung soal angka stunting Jawa Tengah, dalam peringatan Harganas ini, juga dilaksanakan kegiatan pelayanan keluarga berencana di beberapa perusahaan, donor darah, dan lainnya. Rencananya, puncak Harganas akan dihadiri dihadiri Presiden RI di Kota Semarang pada 29 Juni 2024 mendatang.

BACA JUGA: Harganas 2024, Sekda Jateng Ingatkan Peran Keluarga dalam Wujudkan Generasi Emas 2045

BACA JUGA: Peringatan Harganas ke-30 di Kota Tegal, Walikota: Jadikan Momentum Penurunan Stunting

Terkait angka stunting Jawa Tengah, Nana menilai, Harganas merupakan momentum untuk melihat kembali pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter bangsa atau generasi muda. Sesuai tema besar Harganas ke-31 yaitu "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas".

"Harganas ini menjadi pemacu untuk terus memperhatikan keluarga, untuk mencintai keluarga kita. Setiap keluarga harus menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga merupakan tonggak dari pelaksanaan (pendidikan) karakter bangsa," katanya. 

Family Fun Walk ini diikuti sekitar 5.000 peserta dari berbagai kalangan. Mulai anak-anak muda, dewasa, sampai orangtua yang mengajak anaknya. Termasuk aparatur sipil negara di lingkungan Pemprov Jateng.

Rute Family Fun Walk sejauh kurang lebih tiga kilometer. Dimulai dari halaman Kantor Gubernur melintasi Jalan Pahlawan, Jalan Sriwijaya, Jalan Singosari Raya, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Kusumawardani, Jalan Pahlawan, dan finish di gerbang Kantor Gubernur.

BACA JUGA: Harganas Ke-30 Tahun 2023, BKKBN Gembleng 1.220 Kader di Banyuasin Soal Cara Cegah Stunting

BACA JUGA: Harganas di Kota Tegal Jadi Momen Penting dalam Upaya Tekan Stunting

Sumber: