Peringatan Harganas ke-30 di Kota Tegal, Walikota: Jadikan Momentum Penurunan Stunting

Peringatan Harganas ke-30 di Kota Tegal, Walikota: Jadikan Momentum Penurunan Stunting

Peringatan Harganas ke-30 di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, Senin 28 Agustus 2023 siang. Melalui peringatan itu, diharapkan menjadi momentum untuk melakukan pencegahan dan penanganan dalam upaya penurunan stunting.

Dalam sambutan yang dibacakan Pj. Sekda Drg. Agus Dwi Sulistyantono, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan dari keluargalah kekuatan dan ketahanan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul. Serta, dapat mengoptimalkan fungsi-fungsi keluarga, penerapan hidup sehat, pemenuhan gizi dan nutrisi untuk pencegahan stunting.

"Hal ini menjadi momen penting dalam pencegahan dan penanganan dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Tegal. Sebab, itu membutuhkan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak,"katanya.

Menurut Dedy Yon, dalam upaya penurunan stunting, Pemkot tidak dapat bekerja sendiri. Itu, hanya dapat dilakukan dengan kerja sama yang baik antara Pemkot melalui DPPKBP2PA, Camat, Lurah dan berbagai pihak terkait.

"Namun yang terpenting adalah kesadaran dan pengetahuan masyarakat sendiri tentang pentingnya pencegahan dan penanganan stunting,"ujarnya.

Dedy Yon menegaskan, peringatan Harganas Kota Tegal bertujuan membentuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja. Generasi nantinya berperan memberikan wawasan tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS kepada sesama. 

“Peringatan Harganas kali ini hendaknya bisa menjadi pencetus untuk memunculkan motivator yang bisa mejadi pengaruh baik. Utamanya, bagi remaja-remaja kita untuk memahami hal-hal tersebut,”tandasnya.

Sementara itu, selain peringatan Harganas, acara juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba poktan terbaik dan orang tua hebat tingkat Kota Tegal. ***

Sumber: