PPDB 2024 Selesai, Ini Catatan Anggota Komisi IV DPRD Brebes

PPDB 2024 Selesai, Ini Catatan Anggota Komisi IV DPRD Brebes

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran (TA) 2024/2025 mendapat catatn dari anggota Komisi IV DPRD Brebes.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran (TA) 2024/2025 mendapat catatn dari anggota Komisi IV DPRD Brebes. Hal itu disampikan Anggota Komisi IV DPRD Brebes A. Safaat.

Menurutnya, meski pelaksanaan PPDB sudah selesai namun masih tersisa bebrapa persoalan yang menyebabkan ketidakpuasan masyarakat. Karenanya, dirinya menyampaikan perlu adanya evaluasi.

 

"Memang pelaksanaan PPDB sudah sesai. Namun, adanya persoalan dari masyarakat harus kita evalusi pelaksanaan PPDB tahun ini," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat 19 Juli 2024.

 

Evaluasi itu, kata dia untuk mengetahui atau mengkonfirmasi antara realita pelaksanaan dan aturan yang ada. Sehingga, pelaksanaan PPDB tidak merugikan masyarakat dan masyarakat dapat mendaftarkan anaknya ke sekolah sesuai aturan.

 

BACA JUGA: Sekwan DPRD Brebes Purna Tugas, Ketua Komisi I Apresiasi Kinerja dan Dedikasi

 

BACA JUGA: Tahun Baru Islam, Anggota DPRD Brebes: Jadikan Momentum Perubahan

 

"Insyaallah kami akan terus kawal aspirasi masyarakat agar proses pendidikan di Brebes semakin baik, ujarnya.

 

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Aditya Perdana mengatakan, untuk MPLS di tingkat TK, sekolah dasar (SD) dan SMP dimulai pada 22 Juli 2024 mendatang.

 

"Kalau untuk TK mulai dari 22-24 Juli mendatang, sedangkan SD mulai 22 Juli sampai dengan 3 Agustus 2024. Kemudian untuk SMP dimulai sejak 22-24 Juli 2024, ujarnya, Senin 8 Juli 2024 lalu.

 

Dia menerangkan, ada berbagai tujuan dalam pelaksanaan MPLS. Diantaranya, mengenali potensi diri sebagai siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan dan fasilitas sekolah.

 

BACA JUGA: Anggota DPRD Brebes Minta Angka Harapan Hidup Harus Digalakan

 

BACA JUGA: Bahas LKPJ di Rapat Komisi I DPRD Brebes, Heri: Tadi Langsung Dipantau Pj Bupati

 

Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efwktif sebagai siswa baru. Mengambangkan interaksi positif, antarsiswa dan warga sekolah lainnya. Dan menumbuhkan perilaku positif peserta didik.

 

Dalam MPLS ini, lanjutnya, pihaknya menekankan agar tidak ada aksi perpeloncoan terhadap siswa baru. Karenanya, dirinya selalu mengimbau kepada sekolah untuk memantau pelaksanaan MPLS nantinya.

 

"Kami juga telah mengimbau kepada pihak sekolah agar selalu memantau pelaksanaan MPLS. Tujuannya, agar tidak terjadi akai perpeloncoan selama pelaksanaan MPLS nanti," tuksnya.

 

Dan saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang melakukan roadshow transisi PAUD ke SD. Ini tujuannya, Menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta disik baru di SE. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD). Menerapkan pembelajaran yang membanfun enam kemampuan fondasi anak di PAUD dan SD.

Sumber: