Harganas di Kota Tegal Jadi Momen Penting dalam Upaya Tekan Stunting

Harganas di Kota Tegal Jadi Momen Penting dalam Upaya Tekan Stunting

HARGANAS- Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Kota Tegal ke-29 berlangsung di Adipura Kota Tegal, Selasa (2/8). -TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KOTA TEGAL - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Kota Tegal ke-29 berlangsung di Adipura Kota Tegal, Selasa (2/8). 

Melalui peringatan itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono berharap agar menjadi momen penting untuk mencegah dan menangani dalam upaya penurunan angka stunting. 

Dalam sambutannya, Dedy Yon Supriyono menyampaikan, Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebab, sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa. 

"Karenanya, momentum Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia," katanya. 

Selain itu, kata Dedy Yon, peringatan Harganas menjadi momen penting dalam pencegahan dan penanganan dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Tegal. Upaya itu, hanya dapat dilakukan dengan kerja sama yang baik antar semua pihak terkait.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri. Perlu kerja sama antara pemkot melalui DPPKBP2PA dan camat serta lurah, dengan berbagai pihak terkait.ya  Seperti penyedia layanan kesehatan, penyuluh KB," ujarnya.

Hal yang terpenting, kata Dedy Yon, kesadaran dan pengetahuan masyarakat sendiri tentang pentingnya pencegahan dan penanganan stunting. Bersama-sama harus tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi untuk menangani stunting.

Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal Mohamad Afin menyampaikan, tujuan peringatan Harganas yakni menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting. 

Selain itu, Harganas dapat merajut kerja sama antar OPD dan stakeholder terkait harus dioptimalkan dalam mendukung program percepatan penurunan stunting. (muj/ima)

Sumber: