Mitos di Balik Keindahan Curug Bengkawah Pemalang, Berawal dari Kisah Cinta yang Ditolak

Mitos di Balik Keindahan Curug Bengkawah Pemalang, Berawal dari Kisah Cinta yang Ditolak

Curug Bengkawah, Kabupaten Pemalang--

radartegal.id- Curug Bengkawah yang terletak di Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Mempunyai mitos di balik keindahannya tersebut.

Curug tersebut merupakan air terjun dengan ketingggian mencapai 20 meter dan kedalaman yang mencapai 3 meter dengan aliran sungai kluweh. Selan itu, juga dikelilingi indahnya perbukitan yang ditumbuhi pepohonan rindang. 

Namun, dibalik keindahanya Curug Bengkawah menyimpan cerita dan pesona mistisnya. Mitos ini dipercayai oleh masyarakat sekitar yang diceritakan oleh turun-temurun.

Berikut ulasan mengenai mitos yang ada di balik keindahan Curug Bengkawah Kabupaten Pemalang. Simak artikel berikut hingga akhir agar pengetahuan anda akan semakin bertambah.

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Dibalik Indahnya Curug Pengantin Tegal

BACA JUGA: Pesona Keindahan Curug Sibedil Pemalang yang Menyimpan Mitos di dalamnya

Legenda Dwi Angin dan Pangeran Jin

Konon, Curug Bengkawah dulunya merupakan desa yang makmur dan damai. Di desa tersebut ada seorang dewi angin yang cantik bernama Dewi Angin Rimba.

Kecantikanya tersohor dan menarik perhatian seorang pangeran dari kerajaan bangsa jin. Pangeran jin ini jatuh cinta kepada Dewi Angin dan ingin menikahinya.

Namun cinta pangeran jin ini di tolak oleh Dewi Angin sehingga membuat sang pangeran kecewa dan menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan desa tersebut. Seketika, desa tersebut berubah menjadi air terjun yang indah yang dikenal dengan Curug Bengkawah.

Kepercayaan masyarakat

Masyarakat mempercayai adanya makhluk gaib yang tinggal di air terjun tersebut yang dapat membantu mereka yang memiliki keinginan tertentu.

 

BACA JUGA: Mitos Curug Pengantin di Tegal, Konon Pasangan Kekasih Yang Berkunjung Hubungannya Tidak Langgeng

Sumber: