Tembus Rp90 Ribu, Harga Cabai Rawit Setan di Kabupaten Pemalang Mulai Berangsur Turun

Tembus Rp90 Ribu, Harga Cabai Rawit Setan di Kabupaten Pemalang Mulai Berangsur Turun

MAHAL- Harga cabai rawit setan di Kabupaten Pemalang yang sejak dua minggu mencapai Rp90.000 per kilogram.-Dokumen-Radartegal.disway.id

PEMALANG, radartegal.id - Sempat tembus di harga Rp90 ribu per kilogram, hari ini harga cabai rawit setan di Kabupaten Pemalang berangsur turun. Ketidakstabilan harga ini sudah terjadi sejak 2 minggu terakhir.

“Kalau kemarin harganya Rp90.000 per kilogram, tapi hari ini sudah menurun Rp70.000 per kilogram," ujar Koni, 45 tahun, di Pasar Banjardawa, Taman Kabupaten Pemalang, Kamis, 25 Juli 2024.

Dia mengakui, sebelumnya cabai rawit setan di pasar tradisional Pemalang mengalami kenaikan. Harga komoditi dengan rasa pedas ini cukup tinggi, yaitu dari sebelumnya Rp40 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogram.

Menurut Koni, kenaikan harga cabai rawit setan di Kabupaten Pemalang terjadi sudah dua pekan ini. Terkait faktor penyebab naiknya harga cabai rawit, pihaknya mengaku kurang tahu. 

BACA JUGA: Mahal, Harga Bawang Merah dan Cabai Keriting di Pasar Induk Brebes Tembus Rp50 Ribu

BACA JUGA: Harga Cabai di Kota Tegal Turun, Bawang Merah Naik Jadi Rp50 Ribu per Kilogram

Hanya saja, dia belanjanya sudah naik, jadi ya jualnya juga naik. Koni berharap harga cabai rawit setan di Kabupaten Pemalang dapat segera normal kembali seperti sebelumnya. 

Pasalnya, dengan kenaikan harga cabai rawit yang melambung tinggi itu membuat para pedagang mengalami penurunan omset.

"Yang beli ya juga mengeluh, karena harganya naik. Mereka beli cabai juga jadinya sedikit-sedikit, yang penting asal bisa buat masak," terangnya. 

Mengutip dari situs Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHati), harga cabai setan di wilayah Jawa Tengah memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Secara global untuk Jawa Tengah, saat ini harganya mencapai Rp64.577 perkilogram.

Sumber: