Misteri dan Mitos Dibalik Indahnya Curug Pengantin Tegal

Misteri dan Mitos Dibalik Indahnya Curug Pengantin Tegal

Misteri dan Mitos Curug Pengantin Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Wilayah Tegal merupakan wilayah yang memiiki banyak tempat wisata yang indah baik wisata alam maupun wisata buatannya. Salah satu wisata alamnya adalah curug, banyak berbagai curug yang tersebar di wilayah Tegal ini seperti Curug Cantel, Curug Serwiti, Curug Sentul Cawitali, Curug Pengantin, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang paling populer adalah Curug Pengantin. Tempat ini sudah lama menjadi wisata alam yang sering dikunjungi oleh masyarakat Tegal dan daerah sekitarnya.

Curug Pengantin ini terletak di Dusun Kalitengah, Desa Kaliputih, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Selain mempunyai pesona dan pemandangan yang indah memanjakan mata sebagai tempat wisata, Curug Pengantin ternyata juga mempunyai kisah cerita mistis dan mitos - mitos yang ada dibaliknya.

Bersumber dari channel youtube Tasbih Wali, Curug Pengantin ini duhulunya bernama Curug Sewu atau Galang Sewu. Penggantian nama menjadi Curug Pengantin dikarenakan dahulu adanya kisah tentang sepasang calon pengantin yang meninggal di sekitar curug tersebut.

Menurut penuturan masyarakat sekitar kedua pasang calon pengantin yang meninggal tersebut dijadikan sebuah tumbal. Dahulu banyak orang yang menyalahgunakan fungsi dari Curug Pengantin ini untuk mendapatkan pesugihan dengan memberikan tumbalnya adalah calon pengantin.

Banyak korban yang meninggal diantaranya karena terjatuh atau setelah pergi berkunjung kesana kemudian meninggal beberapa hari secara tiba-tiba. Sehingga banyak mitos yang beredar, jika ada pasangan yang mau menikah dilarang untuk mengunjungi Curug Pengantin.

Karena dipercaya pasangan tersebut tidak akan langgeng sampai pernikahan atau hal terburuknya yaitu salah satu diantara mereka bisa meninggal. Cerita mistis dan mitos-mitos itu terus terjaga turun temurun dari mulut ke mulut sampai sekarang.

BACA JUGA: 4 Curug di Tegal yang Wajib Banget Kamu Kunjungi, Minimal Sekali Seumur Hidup

BACA JUGA: Indahnya Romansa Menyelimuti Mitos Curug Penganten Banyumas, Kini Semakin Ramai Pengunjung

Oleh karena cerita itu masyarakat sekitar sepakat mengubah namanya menjadi Curug Pengantin. Namun, dengan nama yang unik yaitu Curug Pengantin, justru sangat menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Mulai anak kecil hingga orang dewasa baik wisatawan lokal atau luar daerah. Di samping banyak yang penasaran akan cerita mistis dibaliknya, Curug Pengantin ini juga memiliki pesona alam yang sangat indah.

Untuk menuju kesana jarak antara parkir kendaraan dengan lokasi curug ini kurang lebih sekitar 500 meter. Dengan berjalan kaki melewati jalan setapak disamping kiri kanan persawahan hijau yang sangat asri.

Setelah melewati indahnya persawahan, selanjutnya anda akan disambut dengan sungai kecil. Untuk menyebranginya anda harus berhati-hati karena arusnya yang cukup deras tetapi.

BACA JUGA: 5 Wisata Curug Terindah di Tegal, Mengeksplor Keindahan Alam Daerah Atas di Kabupaten Tegal

Sumber: