Jalur Penghubung dengan Brebes, Jalingkut Tegal Diusulkan Jadi 4 Lajur, Ini Alasannya

Jalur Penghubung dengan Brebes, Jalingkut Tegal Diusulkan Jadi 4 Lajur, Ini Alasannya

Kondisi Jalingkut Tegal rawan terjadinya kecelakaan, Pemkot pun mengusulkan pelebaran di jalur penghubung dengan Brebes itu--

TEGAL, radartegal.id - Pemerintah Kota (Pemkot) akan segera mengusulkan kepada Pusat untuk membuat jalan lingkar Utara (Jalingkut) di Tegal menjadi 4 lajur. Itu, untuk mengurai kemacetan di dalam Kota serta mengurangi angka kecelakaan pada jalur penghubung dengan wilayah Kabupaten Brebes itu.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Heru Prasetya mengatakan pihaknya melalui bidang Penataan Ruang, saat ini tengah melakukan proses sertifikasi tanah yang telah dibebaskan. Tujuannya, untuk menertibkan batas dengan pemilik yang bersebelahan dengan tanah yang sudah menjadi milik Pemkot itu.

"Kita sudah melakukan pemasangan patok batas dan saat ini kita melakukan proses sertifikasi tanah. Harapannya, nanti Juli 2024 ini selesai," katanya.

Menurut Heru, setelah proses sertifikasi tanah selesai, maka Pemkot akan mengusulkan pelebaran di Jalingkut. Namun, untuk pelebarannya tergantung dari Kementrian PUPR.

BACA JUGA: Jalan Penghubung ke Brebes, Jalingkut di Tegal Akan Dibuat 4 Lajur, Tinggal Tunggu Surat dari Walikota

BACA JUGA: Perbaikan Jalan Jalingkut Dimulai, Kendaraan Besar Mulai Banyak Melintas di Perkotaan Brebes

"Kita sudah mediasi dan memang proses pembangunan akan dilakukan Kementrian. Surat permohonan sudah kita buatan, sehingga nanti kita akan Maraton. Setelah sertifikasi selesai dan langsung pengajuan pelebaran," ujarnya.

Heru mengatakan tujuan pelebaran jalingkut Tegal sendiri, antara lain untuk mengurai kemacetan yang terjadi di dalam Kota Tegal. Karena, kalau Jalingkut sudah 4 lajur maka akan menjadi pilihan orang dalam perjalanan. 

"Selain itu, juga untuk mengurangi angka kecelakaan, karena memang jalannya sempit. Jika ada 2 truk besar berpapasan tidak ada space yang terkadang pengendara sepeda motor tidak memperhitungkan karena ereka mengira jalurnya lebar, sehingga terjadi kecelakaan," ujarnya.

Heru menambahkan, tidak ada lagi pembebasan lahan di Jalingkut. Bahkan, tahun ini Pemkot sudah mendapatkan bantuan untuk pengerasan rijit di Jalingkut Tegal dari perkiraan coyo sampai KUD Karya Mina sebesar Rp20 Milyar.

BACA JUGA: Jalan Jalingkut Tegal Mulai Rusak, Perbaikan Dikebut Jelang Arus Mudik

BACA JUGA: Tekan Kecelakaan, Pemkot Usulkan Pelebaran Jalingkut Tegal

"Itu juga sebagai bentuk usulan dari kita. Harapannya, nantinya Jalingkut sampai dengan jembatan Kaligangsa menjadi 4 lajur,"pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tegal Enny Yuningsih mengatakan dari konsultasi dengan Kementerian PUPR terkait penambahan lajur di Jalingkut Kota Tegal, menghasilkan tujuh poin. Salah satunya usulan pelebaran harus memenuhi syarat.

Sumber: