Jalan Jalingkut Tegal Mulai Rusak, Perbaikan Dikebut Jelang Arus Mudik

Jalan Jalingkut Tegal Mulai Rusak, Perbaikan Dikebut Jelang Arus Mudik

Sejumlah alat berat diterjunkan untuk perbaikan jalan Jalingkut di Tegal yang mulai rusak--

RADAR TEGAL - Kondisi jalan lingkar Utara (Jalingkut) Kota Tegal banyak yang mengalami kerusakan. Itu, disebabkan berbagai faktor, salah satunya curah hujan yang cukup tinggi.

Karenanya, menjelang arus mudik PPK 1.1 Provinsi Jawa Tengah kini mulai mengebut perbaikan jalan Jalingkut Kota Tegal. Sehingga, saat lebaran nanti pengguna jalan bisa menggunakannya dengan aman dan nyaman.

Menurut Kepala Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Provinsi Jawa Tengah, Agus Yunanto, mengatakan kondisi Jalan di Jalingkut Tegal memang ada beberapa titik yang mulai rusak. Antara lain di berada Jalan Yos Sudarso - Piere Tendean Tegalsari.

Karenanya, kata Agus, pihaknya melakukan perbaikan terhadap jalan Jalingkut Tegal yang rusak tersebut. Pekerjaan berupa preservasi Jalan Losari (BTS. Jabar) - Tegal - Pemalang dengan nomor kontrak HK.02.01/Bb7.6.1/PJ.BJTP/02 dengan tanggal kontrak 08 Maret 2024. 

BACA JUGA: Perbaikan Jalan Jalingkut Dimulai, Kendaraan Besar Mulai Banyak Melintas di Perkotaan Brebes

"Nilai Kontrak pekerjaan itu yakni Rp 19.317.109.000. Dengan sumber dana APBN 2024 dengan masa pelaksanaan 8 Maret - 2 November 2024," jelasnya Senin (18/3) saat dihubungi via telepon. 

Kemudian, kata Agus, untuk masa pemeliharaan selama 365 Hari Kalender, atau dimulai pada 3 November 2024 sampai 03 November 2025. Pekerjaan itu, Penyedia Jasanya adalah PT. Cahaya Kartika dengan Konsultan Supervisi PT. Indec Internusa (KSO). 

Dari pantauan di lapangan, adanya pengerjaan perbaikan Jalingkut membuat arus lalin dari arah Semarang - Jakarta dijadikan satu arus. Pengalihan arus itu berlaku sampai dengan lampu merah Jongor Tegalsari, kemudian dilakukan rekayasa lalin di perempatan. 

Demikian informasi terkait perbaikan jalan Jalingkut Tegal yang mulai rusak. Saat ini masih dilakukan perbaikan dan ditargetkan selesai sebelum arus mudik berlangsung. (*)

Sumber: