Perbaikan Jalan Jalingkut Dimulai, Kendaraan Besar Mulai Banyak Melintas di Perkotaan Brebes

Perbaikan Jalan Jalingkut Dimulai, Kendaraan Besar Mulai Banyak Melintas di Perkotaan Brebes

Kendaraan besar terpantau melintas di wilayah perkotaan Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Beberapa hari terakhir, sejumlah kendaraan besar terlihat di sekitar wilayah perkotaan Brebes. Hal ini disebabkan adanya perbaikan jalan Jalingkut atau di ruas Jalan Lingkar Utara Kota Tegal oleh pihak Bina Marga Jawa Tengah.

Pantauan di lapangan, Sabtu 16 Maret 2024 tampak sejumlah kendaraan besar yang terkait perbaikan jalan Jalingkut dari arah timur sudah banyak yang masuk ke wilayah perkotaan Brebes. Meski begitu, sebenarnya sudah adanya larangan kendaraan berat melintasi Pantura Kota Brebes dan diimbau masuk ke arah Tol Brebes Timur.

Namun, masih banyak pengemudi truk yang membandel lebih memilih melalui Pantura Kota Brebes. Karena dinilai lebih menghemat biaya karena tidak membayar tarif tol.

Salah satu pengendara sepeda motor, Riska, 30 tahun, mengaku merasa kaget dengan kondisi tersebut. Menurutnya, dirinya tidak tahu dan tidak pernah ada sosialisasi dari pihak yang berwenang.

BACA JUGA: Tekan Kecelakaan, Pemkot Usulkan Pelebaran Jalingkut Tegal

"Saya kaget pas lewat Jalan Pantura Kota Brebes. Kok tumben banyak truk besar lewat lewat. Jadi gimana, liatnya ngeri (takut), pas naik motor di jalan raya," ungkapnya.

Sementara Dwi Denny Apriliano, seorang staf Teknik PPK 1.1 Provinsi Jawa Tengah Dwi Denny Apriliano saat dihubungi melalui telefon selulernya oleh awak media membenarkan adanya perbaikan jalan Jalingkut Kota Tegal.

“Perbaikan jalan Jalingkut Kota Tegal sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan lebar jalan 15 meter, dilakukan dengan cara betonisasi dan target pengerjaan selama 8 bulan,” jelasnya.

Sementara titik perbaikan jalan dari ujung Timur Jalingkut Kota Tegal hingga depan KUD Karya Mina Tegal Sari, dilakukan secara bertahap. Tahap awal yaitu betonisasi khusus di ruas jalan sisi selatan terlebih dahulu, selanjutnya nanti sisi sebelah utara.

BACA JUGA: Iiiih Serem Lur, Terlihat Sangat Aman, Berikut Mitos Penunggu Jalan Jalingkut Tegal hingga Brebes

"Akibat adanya perbaikan jalan yang menyebabkan fluktuasi arus kami akan berkordinasi dengan pihak Satlantas Kota Tegal dan Brebes," imbuhnya.

Menghadapi arus mudik Lebaran 2024, Denny mengungkapkan, bahwa perbaikan jalan tidak akan diselesaikan pengerjaannya pada Lebaran mendatang. Karena perbaikan jalan akan dihentikan pada H-10 Lebaran.

“Selanjutnya perbaikan jalan akan kami lanjutkan, nanti usai arus balik Lebaran mendatang,” jelasnya.

Terpisah KBO Satlantas Polres Brebes Iptu Saeful Hidayat menjelaskan, bahwa soal banyaknya pengguna kendaraan besar di Jalan Pantura Kota Brebes menyusul perbaikan jalan Jalingkut menjelaskan, pihaknya gagal memperoleh tembusan dari pihak PPK 1.1 Provinsi Jawa Tengah soal adanya gangguan arus kendaraan.

Sumber: