6 Tips Merawat AC Rumah Agar Awet, Nomor 3 Jarang Banget Dilakukan

6 Tips Merawat AC Rumah Agar Awet, Nomor 3 Jarang Banget Dilakukan

Mencuci secara rutin adalah salah satu tips merawat AC rumah agar awet.-(Foto Pinterest)----

BACA JUGA:Rekomendasi AC 1/2 PK Terbaik 2024, Harga Terjangkau Dilengkap Fitur Canggih

BACA JUGA: TCL Portable Air Conditioner, AC Mini Berfitur Lengkap yang Jadi Andalan Keluarga

4. Hindari Mengatur Suhu di Bawah 22° Celsius

Mengatur suhu AC di bawah 22° Celsius memang bisa membuat ruangan lebih dingin dengan cepat, tapi hal ini justru membuat mesin AC cepat panas dan bekerja lebih keras. Suhu 22° Celsius sudah cukup untuk membuat ruangan terasa sejuk di iklim Indonesia. 

Selain itu, mengatur suhu AC terlalu rendah juga akan meningkatkan konsumsi listrik. Jadi, untuk menjaga AC Anda tetap awet, aturlah suhu di angka yang wajar.

5. Bersihkan AC Secara Rutin

Pembersihan rutin bagian dalam AC adalah hal yang sangat penting. Kotoran dan debu yang menumpuk pada filter dan bagian dalam AC dapat menghambat aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras. Sebaiknya, lakukan pembersihan AC setidaknya sebulan sekali jika udara di sekitar tidak terlalu berdebu. 

Namun, jika lingkungan Anda cenderung berdebu, lakukan pembersihan dua kali sebulan. Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian blower yang terletak di luar ruangan.

BACA JUGA: 8 Ciri- ciri AC Rusak Tanpa Disadari, Harus Segera Diperbaiki Supaya Tidak Bertambah Parah

BACA JUGA: Tanda Kompresor AC Rusak dan Solusinya, Panduan Lengkap untuk Menjaga AC Agar Tetap Sejuk

6. Cek Freon Secara Berkala

Freon adalah salah satu komponen penting dalam AC yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Jika freon bocor atau berkurang, AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan dengan baik. Sebaiknya, lakukan pengecekan freon setiap enam bulan sekali oleh teknisi AC profesional. Dengan pengecekan rutin, Anda bisa memastikan bahwa tidak ada kebocoran dan kinerja AC tetap optimal.

Kesimpulan

Merawat AC rumah agar tetap awet dan berfungsi dengan baik sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda disiplin dalam menjalankan beberapa tips sederhana di atas.

Sumber: