Tanda Kompresor AC Rusak dan Solusinya, Panduan Lengkap untuk Menjaga AC Agar Tetap Sejuk

Tanda Kompresor AC Rusak dan Solusinya, Panduan Lengkap untuk Menjaga AC Agar Tetap Sejuk

Ampere yang meningkat tinggi termasuk salah satu tanda kompresor AC rusak--

RADAR TEGAL - Sebagai jantung dari sistem pendingin ruangan, kompresor AC memegang peran yang sangat penting dalam menjaga kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan kita. Ketika tanda kompresor AC rusak ini datang, hal ini dapat mengakibatkan penurunan drastis dalam performa AC, yang pada gilirannya membuat ruangan terasa panas dan tidak nyaman.

Jangan dulu mengganti kompresor yang rusak, kenali dulu tanda kompresor AC rusak. Ada baiknya baca pedoman untuk mengatasinya, seperti yang akan kita bahas kali ini serta akan membahas solusi dan tips merawatnya.

Berikut ulasan tentang tanda kompresor AC rusak, artikel ini bisa menjadi acuan Anda bila kompresor anda mengalami gangguan. Simak informasi ini sampai akhir. 

Tanda-tanda kompresor AC rusak

1. AC Tidak Dingin

Ini adalah tanda kompresor AC rusak paling nyata. Meskipun kita telah menyetel suhu ke tingkat terendah, ruangan tetap terasa panas dan tidak sejuk. Hal ini menunjukkan bahwa kompresor tidak dapat melakukan pendinginan udara dengan efisien.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter 2024 Saat Digunakan, Jangan Tertipu dengan Merek yang Populer

2. Suara Bising yang Tidak Biasa

Kompresor yang mengalami kerusakan seringkali mengeluarkan suara bising yang tidak biasa, seperti dengungan, getaran, atau bahkan suara keras seperti benda terbentur. Suara-suara ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada motor kompresor atau komponen internal lainnya yang perlu segera diperbaiki.

3. Kebocoran Freon

Freon adalah zat pendingin yang berperan penting dalam proses penyerapan panas dalam sistem AC. Kebocoran freon dapat terjadi karena kerusakan pada kompresor, pipa AC, atau sambungan antar komponen. Kondisi ini akan menyebabkan penurunan performa pendinginan dan juga berpotensi merusak lingkungan.

4. Ampere Tinggi

Tanda kompresor AC rusak berikutnya yaitu jika, kompresor mengalami gangguan dapat menyebabkan ampere (arus listrik) yang digunakan menjadi tinggi. Hal ini dapat dilihat pada meteran listrik. Penggunaan ampere yang berlebihan dapat menyebabkan overheating dan mengakibatkan kerusakan pada kompresor dan komponen AC lainnya.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi AC yang Bagus untuk Ruang Tamu dan Punya Fitur Self Cleaning, Biar Gak Repot

Sumber: