6 Tips Merawat AC Rumah Agar Awet, Nomor 3 Jarang Banget Dilakukan

6 Tips Merawat AC Rumah Agar Awet, Nomor 3 Jarang Banget Dilakukan

Mencuci secara rutin adalah salah satu tips merawat AC rumah agar awet.-(Foto Pinterest)----

radartegal.id - Apakah Anda pernah merasa kesal karena AC di rumah tiba-tiba rusak saat sedang dibutuhkan? Tentunya, ini adalah momen yang sangat tidak diinginkan, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya. 

Nah, selain tahu cara menggunakan AC dengan benar, penting juga untuk tahu tips merawat AC rumah agar awet dan tahan lama. Berikut ini, saya akan berbagi tips merawat AC rumah agar tetap dingin dan awet, yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya termasuk BJM WEB ID.

1. Menyalakan AC di Ruangan yang Tertutup Rapat

Salah satu cara sederhana untuk memastikan AC Anda bekerja dengan efisien adalah dengan menyalakannya di ruangan yang tertutup rapat. Dengan menutup semua pintu dan jendela, Anda membantu AC bekerja lebih ringan karena tidak perlu mendinginkan udara panas yang masuk dari luar. 

Selain itu, ruangan juga akan lebih cepat sejuk, sehingga penggunaan energi pun lebih efisien.

BACA JUGA: Nyari AC Murah Dibawah 1 Juta? Berikut 5 Rekomendasi Terbaiknya untuk Anda

BACA JUGA: 7 Keunggulan AC Samsung AR09AYHLAWKNSE, Dinginnya Super Cepat Berkat Teknologi Inverternya

2. Matikan AC Saat Bepergian

Saat Anda akan pergi keluar rumah, tips merawat AC rumah agar awet adalah sebaiknya dimatikan saja. Hal ini tidak hanya membantu menghemat energi, tetapi juga menghemat biaya listrik. AC yang dibiarkan menyala terus-menerus saat tidak ada orang di rumah hanya akan membuang-buang energi dan uang. 

Kebiasaan sederhana ini bisa membantu memperpanjang umur AC Anda dan mengurangi pengeluaran listrik bulanan.

3. Gunakan Fitur Timer

Banyak dari kita mungkin jarang menggunakan fitur timer pada AC. Padahal, fitur ini sangat berguna untuk mengatur waktu operasional AC sesuai kebutuhan. Idealnya, AC dinyalakan paling lama 4-5 jam, kemudian biarkan mesin beristirahat sejenak. 

Dengan menggunakan fitur timer, Anda bisa mengatur AC agar mati secara otomatis setelah jangka waktu tertentu, sehingga mesin AC tidak bekerja terlalu keras dan lebih awet.

Sumber: