8 Ciri- ciri AC Rusak Tanpa Disadari, Harus Segera Diperbaiki Supaya Tidak Bertambah Parah

8 Ciri- ciri AC Rusak Tanpa Disadari, Harus Segera Diperbaiki Supaya Tidak Bertambah Parah

Inilah beberapa ciri ciri AC rusak --Freepik

RADAR TEGAL - AC merupakan barang elektronik yang sangat penting untuk mendinginkan suhu ruangan di rumah agar tetap nyaman. Namun seperti barang elektronik lainnya AC juga bisa mengalami kerusakan, inilah beberapa ciri- ciri AC rusak.

 

Ciri ciri AC rusak terkadang jarang disadari oleh penggunanya. Oleh karena itu Anda mesti tahu supaya segera untuk langsung diperbaiki.

 

Di dalam artikel ini kami akan berikan informasi ciri- ciri AC rusak yang mesti Anda waspadai. Jangan lupa untuk cek AC di rumah Anda apakah termasuk di dalam daftar ciri- ciri tersebut atau tidak.

 

Berikut ini penjelasan selengkapnya terkait ciri-ciri AC rusak. Jangan lupa untuk membaca hingga selesai supaya mendapatkan informasi lebih jelas.

BACA JUGA: Bulan Puasa Tetap Sejuk Walau Nahan Haus, Ini 7 Rekomendasi AC Portable Terbaik dengan Pendinginan Optimal

Delapan ciri-ciri AC rusak, yang bisa dideteksi sendiri

1. Udara yang Tidak Dingin

 

Ciri- ciri AC rusak pertama sudah dipastikan perangkat tidak mengeluarkan suhu udara dingin yang tidak sebagaimana mestinya. Jika Anda merasakan udara hangat pada AC adalah tanda peringatan umum yang mesti segera diperbaiki.

 

Kemungkinan beberapa penyebabnya adalah kompresor rusak, kekurangan refrigeran dan kipas di dalam ruangan yang tidak berfungsi.

 

2. Aliran Udara Tidak Memadai

 

Kemudian jika Anda merasakan suhu udara pada AC kurang dingin yang tidak seperti biasanya, sehingga tidak memungkinkan mendinginkan suhu ruangan secara menyeluruh. Penyebab pada umumnya yakni filter udara yang kotor maupun kipas dalam ruangan rusak atau kotor.

 

3. Mengeluarkan Suara Berisik di Dalam AC

 

Saat Anda menyalakan AC kemudian mendengar suara berisik seperti ada gesekan, berderak dan lain sebagainya kemungkinan penyebabnya adalah ada komponen mekanis yang aus atau aus. Selain itu terdapat benda asing di dalam perangkat.

BACA JUGA: Gak Perlu Panggil Tukang, Ini 8 Cara Membersihkan AC Portable yang Benar dan Mudah

4. Kebocoran Air

 

AC bergantung pada zat pendingin untuk mendinginkan suhu ruangan dan dapat menghasilkan kondensasi saat beroperasi. Namun jika Anda melihat tetesan atau ada genangan air di lantai di sekitar unit AC ini pertanda adanya kebocoran.

 

Jika AC Anda mengalami kebocoran dan dibiarkan begitu saja tentunya ini dapat merusak dinding rumah, lantai maupun barang lainnya. Penyebab umumnya yakni adanya saluran pembuangan yang tersumbat atau rusak dan kipas kondensasi yang rusak.

 

Karena itu segera untuk hubungi teknisi AC untuk memperbaikinya supaya kerusakan AC tidak semakin parah.

 

5. AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

 

Saat AC Anda dinyalakan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menyengat kemungkinan ada insulasi kawat terbakar dan perlu diganti. Selain itu mengindikasikan adanya pertumbuhan jamur atau bakteri di dalam unit. Hal ini bisa membahayakan kesehatan keluarga Anda.

BACA JUGA: Fitur Andalan AC Gree C3ES Low Watt Series, Punya Keunggulan EARTH dengan 4 Bintang Efisiensi Energi

6. Tingkat Kelembaban Tinggi

 

Salah satu fungsi AC adalah mengurangi tingkat kelembaban di dalam ruangan. Bahkan di dalam kondisi cuaca dengan kelembabannya yang rendah suhu udara pada AC tetap bisa mempertahankan. Namun jika Anda mulai merasakan kelembaban di dalam ruangan saat AC dinyalakan kemungkinan unit harus segera diperbaiki.

 

7. Konsumsi Energi yang Tinggi

 

Indikasi lain bahwa sistem AC anda perlu diganti ataupun diperbaiki adalah tagihan listrik yang meningkat dengan cepat tanpa penggunaan barang elektronik tambahan lainnya. Hal ini menandakan AC harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan suhu yang diinginkan.

 

Penyebab umumnya yakni kekurangan refrigeran dan kompresornya atau komponen lain yang bekerja bekerja terlalu keras.

 

8. AC Mati Total

 

Kemungkinan jika AC di rumah Anda tidak bisa menyala sama sekali alias mati total ini tandanya ada masalah serius dan harus segera diperbaiki. Penyebab pada umumnya adanya masalah listrik atau kabel yang rusak dan terdapat komponen utama rusak seperti kompresor.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Merk AC 1 PK Terbaik 2024 Harga Mulai dari Rp850 Ribu, Sudah Murah Hemat Daya Pula

Nah dengan mengetahui beberapa ciri-ciri AC rusak ini dapat mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut dan dapat mengeluarkan biaya lebih besar untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: