Latih Kecakapan, Awak Kapal Sungai dan Danau Kabupaten Tegal Digembleng Dinas Perhubungan

Latih Kecakapan, Awak Kapal Sungai dan Danau Kabupaten Tegal Digembleng Dinas Perhubungan

ANTUSIAS - Awak kapal sungai dan danau Kabupaten Tegal antusias mengikuti diklat kecakapan.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id - Untuk mencegah hal fatal terjadi saat menjalankan tugas, awak kapal sungai dan danau di Kabupaten Tegal mendapat pelatihan khusus dari Dinas Perhubungan. Hal ini bertujuan membentuk kualifikasi SDM yang memahami tata cara dan keselamatan berlayar.

Dinas Perhubungan menggelar diklat kecakapan awak kapal sungai dan danau di Kabupaten Tegal. Kegiatan ini juga membekali awak kapal agar bisa melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran kapal.

Dengan meningkatkan ketrampilan awal kapal sungai dan danau di Kabupaten Tegal dalam pelatihan. Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Angkutan dan  Terminal Agil Suprayogi.

Menurutnya, kegiatan bagi awak kapal sungai dan danau di Kabupaten Tegal ini digelar selama 5 hari.

BACA JUGA: Dinas Perhubungan Ajukan Permohonan Ubah Sertifikat Tanah Terminal Adiwerna Tegal

BACA JUGA:Target PAD Uji Kendaraan Bermotor Kabupaten Tegal Sulit Tercapai, Begini Alasan Dinas Perhubungan

"Untuk pencegahan dam pemadaman kebakaran di kapal dilaksanakan selama 3 hari," terangnya, Selasa 28 Mei 2024.

Menurutnya, untuk diklat kecakapan awak kapal  sungai dan danau Kabupaten Tegal diikuti sebanyak 50 jam pelajaran. Sementara untuk pencegahan dan oemadaman kebakaran kapal sungai danau sebanyak 30 jam pelajaran.

Diklat bagi awak kapal sungai dan danau Kabupaten Tegal ini melibatkan tenaga pengajar berasal dari instruktur Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat kelas II Jawa Tengah dan BPPTD Mempawah. 

"Untuk metode pembelajaran akan dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan praktek," tandasnya.

BACA JUGA: Ditarget Rp3,9 Miliar, Retribusi Daerah Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Melonjak Drastis

BACA JUGA: Ditarget Rp1,3 Miliar, Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Usul Penurunan Pendapatan Parkir

Pihaknya mengakui bahwa selama ini anggaran untuk mendukung edukasi keselamatan pelayanan sungai dan danau nol rupiah. Termasuk untuk kegiatan bagi awak kapal sungai dan danau di Kabupaten Tegal ini.

Sumber: