Transformasi dari SMP Bhakti Praja, PPDB di Negeri 16 Kota Tegal Belum Bisa Online

Transformasi dari SMP Bhakti Praja, PPDB di Negeri 16 Kota Tegal Belum Bisa Online

SMP Bhakti Praja yang kini berubah menjadi SMP Negeri 16 Kota Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Sekolah Menengah Pertama Bhakti Praja kini telah menjadi SMP Negeri 16 Kota Tegal. Itu, menyusul setelah Yayasan Sebayu Praja yang mengelola sekolah di di Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, sepakat menyerahkan pengelolaan dan aset sekolah ke Pemkot.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Singgih Primadhi saat ditemui dikantornya membenarkan hal itu. Penyerahan sendiri telah dilakukan sejak Januari 2024 lalu.

"Sudah, SMP Bhakti Praja berubah menjadi SMP Negeri 16 Tegal, saat ini lagi menunggu ijin operasional. Yayasan sudah menyerahkan pengelolaan dan penyerahan aset sekolah sejak Januari 2024," katanya.

Dengan begitu, kata Singgih, SMP Bhakti Praja sudah resmi menjadi SMP Negeri 16 Tegal. Karena proses alih status dari swasta ke negeri sudah dilakukan. 

BACA JUGA: Mantap! Bhakti Praja Dukuhwaru Tegal Mendapat Program SMK Pusat Keunggulan

BACA JUGA: SMP Negeri 7 Tegal Gandeng Polres, BNN dan Dinas Kesehatan untuk Bekali Karakter Siswa

"Sedangkan untuk tenaga pendidik akan dilakukan secara bertahap, mengambil dari SMP Negeri sekitar untuk diperbantukan. Kemudian tenaga pendidik yang dari SMP Bhakti Praja juga akan dilanjutkan mengajar di SMP Negeri 16 Tegal," terangnya.

Singgih menambahkan, untuk kepala sekolah akan diperbantukan dari SMP Negeri terdeka. Sebab mengangkat kepala sekolah perlu waktu serta proses.

"Untuk PPDB untuk tahun ini belum bisa diikutkan secara online, karena masih proses ijin operasional sekolah. Nanti ketika sudah turun, maka akan diperbolehkan membuka pendaftaran secara offline, tetapi hanya membuka untuk satu kelas atau rombel terlebih dahulu," tegasnya.

BACA JUGA: Keren! SMP Negeri 2 Adiwerna Integrasikan Teknologi dalam Aplikasi E-Jurnal

Menurut Singgih terkait pemasangan papan SMP Negeri 16 Tegal yang sempat viral kemarin, itu merupakan bagian dari proses ijin operasional. Termasuk foto papan dan banner yang telah dipasang, tetapi nanti tetap akan dilakukan peresmian sambil menunggu semua lengkap, termasuk sarana dan prasarana semua akan diperbaiki secara bertahap. 

Sumber: