Keren! SMP Negeri 2 Adiwerna Integrasikan Teknologi dalam Aplikasi E-Jurnal

Keren! SMP Negeri 2 Adiwerna Integrasikan Teknologi dalam Aplikasi E-Jurnal

PAMERAN - Karya inovasi E-Jurnal tim SMP Negeri 2 Adiwerna di ajang Pameran Inovasi Pendidikan 2023 Dinas Dikbud. -HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal baru saja membuat program inovasi sekolah. Program tersebut menciptakan integrasi teknologi melalui penerapan aplikasi  E-Jurnal. 

Kepala SMP Negeri 2 Adiwerna Muhajrin SPd menyatakan, penerapan aplikasi E-Jurnal tersebut sangat banyak manfaatnya untuk  warga sekolah di era teknologi seperti sekarang ini. Dan tentunya mempermudah  untuk mengakses kapan saja dan di mana saja yang penting jaringan internet memadai. 

"Di sini tim inovasi SMP Negeri 2 Adiwerna membuat inovasi E-Jurnal yang di dalamnya terdapat beberapa tampilan," terangnya, Kamis 14 Desember 2023.

Di antaranya data SMP Negeri 2 Adiwerna, data peserta didik, data PTK, jurnal mengajar, presentasi peserta didik, serta presentasi pendidik dan tenaga kependidikan. Termasuk agenda sekolah, dan informasi dana BOS yang akan terus dikembangkan.

BACA JUGA:Buka Pameran Inovasi Pendidikan, Bupati Tegal Dapat Hadiah 101 Sajak Karya Guru

Menurutnya program inovasi tersebut dibuat untuk mempermudah seluruh warga SMP Negeri 2 Adiwerna.

"Aplikasi ini  bisa diakses kepala sekolah, guru dan karyawan. Untuk penerapan aplikasi  E-Jurnal sangat mempermudah kepala sekolah dalam memantau kinerja guru, memantau kehadiran siswa didik, serta memantau agenda sekolah dan informasi dana BOS secara berkala," cetusnya. 

Hanya dengan aplikasi ini,menurutnya, tanpa harus memantau guru setiap hari di kelas  dan dapat mengetahui kelas mana yang kosong dan guru yang tidak mengajar di kelas.

"Guru juga dapat mengakses E-Jurnal secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar dan bisa melakukan presensi siswa lewat aplikasi. Dan guru BK juga dapat langsung  mengetahui rekap kehadiran siswa  setiap hari, sehingga bisa segera menindaklanjuti apabila ada siswa yang tidak hadir tanpa alasan,"ungkapnya. 

BACA JUGA:Unik! Guru Kelompok Bermain di Kabupaten Tegal Berinovasi, Buat Kereta Api dari Pelepah Pisang

Ditegaskan aplikasi ini juga dapat mengurangi penggunaan kertas, sehingga dapat mengurangi sampah di SMP Negeri 2 Adiwerna.

"Aplikasi ini ditampilkan melalui layar TV secara realtime di tempat yang memang bisa dilihat oleh warga sekolah sehingga siapapun dapat melihat," tegasnya. 

Penerapan aplikasi E-Jurnal ini menurutnya sangat  banyak manfaatnya di era teknologi seperti sekarang ini. Selain itu, ini mempermudah warga SMP Negeri 2 Adiwerna untuk mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. 

Demikian informasi terkait inovasi E-Jurnal SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: