Bau Hangus di Kabin Mobil saat Kecepatan Tinggi? Komponen Ini Penyebabnya

Bau Hangus di Kabin Mobil saat Kecepatan Tinggi? Komponen Ini Penyebabnya

Penyebab bau hangus di kabin mobil saat kecepatan tinggi--

radartegal.id - Bau hangus di kabin mobil saat kecepatan tinggi memang bukan suatu yang berbahaya. Asal bau tersebut dari kompenen mobil ini.

Saat kecepatan tinggi, terkadang bau hangus terasa sampi dalam mobil. Akibat bau hangus ini, pengendara kerap menyimpulkan bahwa ada masalah pada mobilnya.

Namun ternyata bau hangus yang tercium merupakan hal yang wajar. Meski tidak nyaman karena bau hangus ini, pengendara tidak perlu khawatir.

Karena bau hangus yang tercium bukanlah suatu masalah yang terjadi pada mobil atau timbul kerusakan. Bau hangus ini berasal dari komponen mobil berikut.

BACA JUGA:Dinobatkan sebagai Mobil Style Jiwa Muda, Berikut Spesifikasi dan Fitur-fitur yang Dimiliki Daihatsu Rocky

BACA JUGA:6 Cara Mudah Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam, Auto Kinclong Seperti Semula

Penyebab bau hangus di kabin mobil saat kecepatan tinggi

Bersumber dari gridoto, bau hangus yang tercium di kabin mobil saat kecepatan tinggi bukanlah suatu masalah yang perlu dikhawatirkan. Ini merupakan hal yang wajar dan bukan merupakan kerusakan komponen mobil.

Hal ini dijelaskan oleh Jehan Auda Adji Prakasa, service manager bengkel resmi Honda Pondok Indah, Jakarta. Dirinya mengatakan bahwa bau hangus ini timbul karena mobil melaju pada kecepatan tinggi.

"Bau hangus ini asalnya dari hawa panas knalpot yang masuk ke kabin," ujar Manager bengkel resmi Honda tersebut.

Saat mobil melaju di kecepatan tinggi, putaran mesin cenderung meningkat. Peningkatan putaran mesin inilah yang menghasilkan hawa dari header atau downpipe knalpot lebih panas dan bau hangus.

"Panas ini mengalami turbulensi karena ruang mesin areanya semi tertutup. Turbulensi hawa panas terjadi di dekat firewall yang terdapat katup ventilasi sirkulasi udara AC mobil," lanjut Jehan.

BACA JUGA:6 Cara Atasi Mobil Listrik yang Terendam Banjir, Lakukan dengan Sigap Supaya Tidak Memperparah Keadaan Mobil

BACA JUGA:Mengisi Daya HP di Power Outlet Mobil? 7 Hal Ini Mesti Dipertimbangkan untuk Jangka Panjangnya

Sumber: