Identik dengan Mitos Kerajaan Nyi Roro Kidul, Benarkah Pakai Baju Hijau di Pangandaran Bisa Menghilang?

Identik dengan Mitos Kerajaan Nyi Roro Kidul, Benarkah Pakai Baju Hijau di Pangandaran Bisa Menghilang?

Mitos Nyi Roro Kidul-Tanti-

RADAR TEGAL - Mitos Nyi Roro Kidul sudah berkembang dari dahulu karena disebut Nyi Roro Kidul ini adalah penguasa atau Ratu Pantai Selatan, salah satunya adalah pantai di Pangandaran. Karena ratu pantai selatan ini digambarkan dengan memakai pakaian berwarna hijau, muncul juga mitos lain.

Mitos baju berwarna hijau ini selalu mengiringi mitos Nyi Roro Kidul, karena menurut cerita turun temurun yang beredar, wisatawan yang datang dengan memakai baju warna hijau akan hilang. Ada juga yang mengatakan mitos baju hijau ini dikhususkan untuk orang Priangan termasuk Bandung.

Tidak heran banyak orang Bandung atau wisatawan lain yang menghindari untuk memakai baju warna hijau saat berkunjung ke Pangandaran. Padahal sebenarnya larangan memakai baju warna hijau ini hanyalah mitos Nyi Roro Kidul belaka.

BACA JUGA: Mitos Telaga Sarangan yang Kontroversial, Pasangan Kekasih Tak Boleh Lakukan Ini di Bawah Telaga

Apa boleh ke pantai pakai baju warna hijau?

Pantai Pangandaran memiliki garis pantai sepanjang 91 km, namun hanya beberapa bagian yang digunakan sebagai objek wisata dan tempat berenang. Meskipun begitu, luasnya pantai Pangandaran telah menelan banyak korban baik warga maupun wisatawan yang tenggelam.

Banyak kejadian tenggelam di perairan pantai Pangandaran yang sering dikaitkan dengan legenda Ratu Pantai Selatan. Menurut kepercayaan, Ratu Pantai Selatan memiliki kesukaan terhadap warna hijau.

Karena itu, banyak dikatakan bahwa pengunjung yang memakai baju berwarna hijau akan hanyut dibawa oleh Nyi Roro Kidul. Hal ini membuat orang tua yang membawa anak-anak mereka berlibur ke pantai Pangandaran sering mengucapkan larangan agar anak-anak tidak mengenakan baju berwarna hijau.

BACA JUGA: Percaya atau Tidak? Ini 3 Kepercayaan Mitos Masyarakat di Tegal yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Kesialan

Meskipun hanya mitos, tetapi cerita ini tetap menjadi peringatan bagi semua orang untuk tetap waspada dan berhati-hati ketika berada di pantai Pangandaran. Namun, ada penjelasan yang masuk akal mengenai mitos Nyi Roro Kidul ini yang melarang baju hijau di Pangandaran.

Menurut ilmu sains, baju berwarna hijau akan terlihat seperti bagian dari air laut. Larangan memakai baju berwarna hijau ini bertujuan jika terjadi risiko pengunjung terseret ombak ke tengah lautan, tim SAR akan dengan mudah menemukan pengunjung.

Karena jika pengunjung menggunakan baju warna hijau yang terlihat menyatu dengan warna laut, kemungkinan besar akan lebih sulit untuk ditemukan. Karena itu, disarankan untuk menghindari memakai baju berwarna hijau ketika berada di dekat laut agar dapat dengan mudah terlihat oleh tim SAR.

BACA JUGA: Mitos Asal-usul Desa KedokanSayang di Tegal, Antara Cerita Pilu Pertarungan Gendowor dan Sumpah Wali

Jadi jika kamu ingin pergi ke pantai Pangandaran memakai baju warna hijau boleh saja jika tidak akan berenang maka akan aman. Namun jika berenang sebaiknya memakai baju lain yang terang seperti warna merah atau kuning.

Sumber: