Mengungkap Misteri Sejarah Tuk Dandang : Sumber Air Tak Pernah Surut di Kalisoka Tegal

Mengungkap  Misteri Sejarah Tuk Dandang : Sumber Air Tak Pernah Surut di Kalisoka Tegal

--

RADAR TEGAL -Tuk Dandang ? untuk kita mungkin terdengar aneh.Tempat itu  merupakan sumber mata air yang unik dan misterius. Tetapi rasanya belum lengkap jika kita belum tau Sejarah Tuk Dangdang yang  ada di tegal ini.

 

Sejarah Tuk Dandang menjadi bagian dari sejarah kuno di daerah Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.

 

Sejarah Keberadaan Tuk Dandang dan cerita di baliknya menjadi cermin bagi masyarakat Tegal. Khususnya warga Kalisoka untuk lebih memahami pentingnya kelestarian alam dan menjaga sumber daya air.

 

Lokasinya berada di Pedukuhan Dukuh, yang konon telah ada sejak zaman dahulu kala. Namun, tahun pasti berdirinya Sejarah Tuk Dandang tetap menjadi misteri. Meskipun para sesepuh di sana menyebutnya telah ada sejak Raden Purbaya bermukim di wilayah tersebut..

 

Penemuan Tuk Dandang oleh Raden Purbaya

 

Konon katanya mengenai Legenda yang terkenal pada masyarakatseputar Sejarah Tuk Dandang adalah kisah tentang Raden Purbaya, seorang tokoh yang mencari sumber air yang saat itu sedang masa kekeringan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada sekitar wilayah Desa Kalisoka.

 

Sedangkan Raden Purbaya berusaha mencari tanah subur yang ia percaya menyimpan mata air.Setelah berusaha keras, Raden Purbaya akhirnya menemukan gundukan tanah yang ia yakini menyimpan sumber mata air yang melimpah. Tanpa ragu Pangeran Purbaya menancapkan tongkatnya ke gundukan tersebut, dan air pun mengalir deras yang bersih dan jernih.

Sumber: