Akhirnya Terkuak! Ternyata Begini Mitos Sejarah Terputusnya Jawa dan Bali yang Dulunya Tersambung

Akhirnya Terkuak! Ternyata Begini Mitos Sejarah Terputusnya Jawa dan Bali yang Dulunya Tersambung

Sejarah Terputusnya Jawa dan Bali yang Perlu Kamu Tahu, Dahulu Ternyata Pulaunya Pernah Bersatu--Youtube/BERBAGI TAHU dan edit Canva

Biasanya Sang Mpu selalu mendatangi goa Naga ketika malam bulan purnama. Ia selalu membawakan susu, mentega dan madu untuk Sang Naga.

Pada suatu malam purnama, Sang Mpu mengalami sakit yang mebuatnya tidak bisa datang ke tempat Naga. Alhasil, anak dari Mpu tersebut tanpa seizin ayahnya berangkat untuk menemui Sang Naga dengan membawa barang-barang yang biasanya ayahnya bawa. Di tempat naga tersebut, Sang anak memanggil naga tersebut dengan membunyikan bajra.

BACA JUGA: Tak Hanya Tolak Jembatan Jawa Bali, Laut Utara Bali Juga Simpan Fakta yang Menyeramkan dan Angker

Naga itu pun keluar untuk menemui orang yang membunyikan bakra tersebut. Sang anak itu menjelaskan bahwa ayahnya tidak bisa datang pada malam itu karena sedang sakit.

Sang anak kemudian memberikan barang yang ia bawa kepada Sang naga dan tidak menginginkan imbalan yang naga tersebut tawarkan. Akan tetapi, ia menyuruh untuk naga tersebut untuk kembali masuk ke tempatnya.

Sebelum masuk ke tempatnya lagi, anak mpu ini melihat permata yang ada di ujung ekor naga. Ia pun berandai untuk mengambilnya untuk modal judi.

Akhirnya ia nekat untuk memotong ekor tersebut dan langsung kabur ke dalam hutan. Akan tetapi, ia pun akhirnya tewas karena api dari naga Basukih ini.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Jawa Bali Tak Mungkin Ada, Jika Dibangun Ini yang Akan Terjadi di Pulau Dewata

Pencarian sang mpu

Setelah berhari-hari anaknya tidak pulang, ia mencarinya dan mendatangi sang Naga. Naga tersebut akhirnya menceritakan cerita aslinya kepada gang mpu, yang dipercaya sebagai musabab sejarah terputusnya Pulau Jawa dan Bali

Naga pun mengatakan bahwa bisa menghidupkan kembali anak Mpu tersebut akan tetapi harus menjadi pengabdi di salah satu pura di Bali. Mpu tersebut akhirnya menyetujuinya dan naga pun menghidupkan anak itu lagi.

Untuk mencegah anak Mpu tersebut kabur ke pulau jawa, alkhirnya Sang Mpu mengaris tongkatnya di tanah. Kemudian beberapa saat pulau Jawa dan bali terpisahkan dan putus.

Itulah mitos sejarah tentang terputusnya Jawa dan Bali. Temukan banyak informasi menarik lainnya hanya di radartegal.disway.id. (*)

Sumber: