Pantang Lemas! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Puasa, Minum Air Kelapa Salah Satunya

Pantang Lemas! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Puasa, Minum Air Kelapa Salah Satunya

--

RADAR TEGALBerpuasa mulai terbit hingga terbenamnya matahari sambil tetap menjalani aktivitas, bukanlah hal yang mudah. Karena itu artikel ini akan menyajikan 5 tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa.

Badan lemas saat berpuasa sebenarnya merupakan hal yang normal. Pasalnya tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama berpuasa. Kamu bisa menjaga tubuh tetap sehat dengan 5 tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa.

Dalam artikel ini, akan di sajikan bagaimana menjaga kesehatan saat berpuasa dengan 5 tips menjaga kesehatan selama menjalani puasa.

Lantas, apa saja 5 tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa? Penasaran? yuk baca artikel ini sampai habis.

BACA JUGA: BACA JUGA: Mengapa Kurma Jadi Makanan Wajib Saat Berbuka Puasa? Ternyata Ini Alasan dan Manfaatnya untuk Tubuh

Ada banyak perubahan pola hidup selama bulan puasa, mulai dari pola tidur, makan, hingga aktivitas sehari-hari. Meski begitu, rutinitas seperti bekerja atau kuliah tetap harus dijalankan.

Supaya kamu selalu sehat dan fit saat berpuasa, berikut 5 tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Tips pertama dari 5 tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa yang perlu kamu penuhi dengan baik, dengan cara minum air yang cukup saat sahur dan berbuka.

Dianjurkan, kamu tetap minum 8 gelas sehari seperti yang dilakukan sebelum puasa. Pola minum air selama puasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Selain mengonsumsi air putih, kamu bisa mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa untuk mengembalikan hidrasi tubuh yang hilang. Menurut The Center for Mind-Body Medicine, air kelapa dapat memulihkan dehidrasi lebih cepat dibandingkan air putih. 

Hal ini karena air kelapa memiliki beberapa elektrolit yang baik untuk tubuh, seperti kalium, magnesium, dan natrium. Pastikan selama puasa kamu tetap menjaga cairan tubuh ya.

BACA JUGA: Gak Perlu Mahal Buat Jadi Sehat, Cobain Nih Resep Tomat Telur Yang Kaya Akan Protein dan Pastinya Bergizi

2. Jangan Lewatkan Sahur

Sumber: