Mengapa Kurma Jadi Makanan Wajib Saat Berbuka Puasa? Ternyata Ini Alasan dan Manfaatnya untuk Tubuh

Mengapa Kurma Jadi Makanan Wajib Saat Berbuka Puasa? Ternyata Ini Alasan dan Manfaatnya untuk Tubuh

Mengapa kurma jadi makanan saat berbuka puasa?--Freepik

RADAR TEGAL - Kalau bulan ramadhan pastinya identik dengan buah kurma. Tapi mengapa kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa?

 

Salah satu tradisi yang dijunjung tinggi selama bulan suci ini adalah berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma. Lalu mengapa kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa?

 

Mengapa kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa? Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui beberapa alasannya.

 

Karena itu kami akan memberikan informasi untuk Anda mengenai pertanyaan mengapa kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya menambah wawasan baru.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Menu Sahur Ramadhan, Mudah Dibuat di Rumah dengan Bahan yang Mudah

Alasan kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa

1. Merupakan Bagian Sejarah dan Spiritual

 

Tradisi berbuka puasa dengan kurma sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dikatakan bahwa nabi sendiri berbuka puasa dengan kurma dan air putih mengikuti teladan tradisi Nabi Ibrahim.

 

Tindakan tersebut berakar pada ajaran agama Islam dan memegang simbolisme spiritual yang menandakan berakhirnya puasa dan dimulainya buka puasa. 

 

2. Pemanis Alami

 

Kurma memiliki rasa manis alami yang memberikan manfaat penambah energi dengan cepat, setelah seharian berpuasa. Gula alami dalam kurma termasuk glukosa fruktosa, dan sukrosa yang cepat meningkatkan kadar gula rendah, sehingga memberikan energi secara cepat.

 

Sehingga banyak yang menjadikan kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa, sebelum menyantap menu yang berat-berat.

 

BACA JUGA: Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

 

3. Kaya Nutrisi

 

Mengapa kurma jadi makanan saat berbuka puasa? Alasannya karena buah yang satu ini kaya akan nutrisi penting termasuk serat, potasium, magnesium dan vitamin. Nutrisi ini sangat penting untuk mengisi kembali tingkat energi dan memberi nutrisi pada tubuh setelah berpuasa dalam waktu lama.

 

4. Mencegah Dehidrasi

 

Kurma memiliki kandungan air yang tinggi dapat membantu mencegah dehidrasi setelah seharian tidak makan dan minum. Teksturnya yang lembut dalam kurma serta mudah dicerna di dalam perut dapat membantu mencegah ketidaknyamanan pencernaan.

 

5. Kesehatan Pencernaan

 

Kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa, karena kaya akan serat makanan meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mendukung kesehatan pada usus.

 

BACA JUGA: Keistimewaan 10 Hari Pertama Amalan Bulan Ramadhan, Lakukan dengan Istiqomah, Pahala dan Berkah Terus Mengalir

 

6. Sifat Anti Inflamasi

 

Mengapa kurma jadi makanan saat berbuka puasa? Karena buah ini mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Hal ini sangat bermanfaat setelah seharian berpuasa karena membantu menenangkan sistem pencernaan.

 

7. Mengurangi Rasa Haus dan Lapar

 

Tahukah kamu bahwa manfaat dari kurma ini bisa membuat tubuh jadi lebih kenyang dan tidak mudah haus. Karena itulah yang menjadikan buah kurma dimakan saat bulan puasa.

Karena di dalam buah kurma mengandung gula cukup tinggi sehingga membuat kita lebih lama kenyang dan kandungan mineralnya yang dapat menahan rasa haus saat berpuasa.

 

8. Mencegah Makan Makanan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

 

Saat berbuka puasa mengkonsumsi buah kurma ini dapat mencegah makan berlebihan yang membuat kamu merasa kenyang dan perut terasa kembung. Hal itu merupakan salah satu alasan kenapa kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa.

 

BACA JUGA: Amalan Selama Bulan Ramadhan yang Datangkan Pahala dan Berkah

 

9. Aspek Budaya dan Sosial

 

Berbuka puasa dengan kurma bukan hanya sekedar tradisi keagamaan tetapi juga praktik budaya dan sosial. Keluarga yang berkumpul untuk berbuka puasa dan berbagai kurma sebagai isyarat simbolis dan pemersatu.

 

Menumbuhkan rasa kebersamaan, solidaritas, dan rasa syukur atas nikmat rezeki. Berbuka puasa dengan kurma selama bulan Ramadhan sudah mendarah daging dalam tradisi Islam dan memiliki makna spiritual dan nutrisi yang mendalam. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kurma juga melambangkan berbuka puasa dan berkumpulnya keluarga, masyarakat akan rasa syukur. Untuk saat ini seluruh umat Islam seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan, tradisi berbuka puasa dengan kurma terus menjadi praktik yang dijunjung tinggi dan penuh makna.

Itulah dia pembahasan mengapa kurma jadi makanan wajib saat berbuka puasa? Kamu bisa mengkonsumsi buah kurma beberapa butir saat berbuka puasa dengan segelas air putih. (*)

Sumber: