Pantang Lemas! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Puasa, Minum Air Kelapa Salah Satunya

Pantang Lemas! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Puasa, Minum Air Kelapa Salah Satunya

--

Tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa yang kedua sangat mudah dilakukan. Sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian berpuasa. 

Saat sahur, sebaiknya kamu makan dengan gizi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein. Kamu bisa mengkonsumsi nasi merah dan gandum sebagai karbohidrat.

Jangan lupakan sayuran dan buah karena mengandung serat yang baik untuk tubuh. Sementara itu, asupan protein bisa kamu dapatkan dari ayam, ikan, daging, telur, tempe, atau tahu yang membantu menambah energi selama berpuasa.

3. Olahraga Secara Rutin

Olahraga dapat membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otot yang sedang bekerja. Dengan begitu, tubuh lebih efisien dalam mengatur penggunaan energi selama kamu tidak makan dan minum saat berpuasa.

BACA JUGA: 10 Olahraga Ringan Pagi Hari Edisi Hari Minggu yang Bisa Kamu lakukan Mulai Dari Rumah

Kamu bisa melakukan olahraga intensitas sedang kurang lebih 30 – 60 menit. Kamu bisa melakukannya menjelang setelah sahur, menjelang berbuka puasa, dan setelah berbuka puasa. 

4. Pastikan Tidur yang Cukup

Tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa berikutnya tidur yang cukup. Untuk mengatur jam tidur saat berpuasa, sebisa mungkin tetap penuhi jam tidur hingga 8  jam sehari. 

Caranya yaitu setelah salat Tarawih segera tidur agar bisa bangun sahur. Hindari kegiatan yang dapat mengganggu tidur, seperti menonton TV atau memainkan ponsel sebelum tidur. 

Selain itu, hindari makanan dan minuman berkafein menjelang tidur. Kafein dapat menghindari ngantuk sehingga jam tidur bisa semakin berantakan. 

5. Konsumsi Vitamin

Tips menjaga kesehatan selama ibadah puasa yang terakhir mengkonsumsi vitamin. Pastikan selama Ramadan, kamu rutin mengkonsumsi vitamin untuk membantu mencukupi kebutuhan tubuh saat puasa.

Berikut beberapa vitamin yang bisa kamu konsumsi selama berpuasa:

  • Vitamin B kompleks: menjaga energi dan metabolisme tubuh. 
  • Vitamin C: menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.
  • Zat besi: mencegah anemia dan menjaga energi.
  • Vitamin E: mengurangi peradangan dan melawan efek radikal bebas.

KESIMPULAN

Sumber: