7 Kegiatan Positif Selama Berpuasa, Paling Dianjurkan Dilakukan Tiap Hari

7 Kegiatan Positif Selama Berpuasa, Paling Dianjurkan Dilakukan Tiap Hari

Ramadhan- Membaca Al-Quran menjadi salah satu kegiatan positif dibulan Ramadhan--

3. Melakukan Sedekah

Ramadhan adalah momen berbagi kebahagiaan kepada sesama muslim. Kamu bisa melakukannya dengan bersedekah kepada fakir miskin dan juga anak yatim piatu.

Bersedekah tidak selalu terpaut nominal angka, jika mampunya sedikit iya tidak apa-apa asalkan ikhlas. Sedekah bisa dalam bentuk makanan ataupun uang dan lain sebagainya yang memiliki manfaat untuk penerimannya.

Pastikan anda bersedekah kepada orang terdekat terlebih dahulu seperti tetangga misalnya. Ini bisa menjadi salah satu kegiatan postif yang mendatangkan pahala.

4. Berbagi Takjil

Jika kamu sibuk dengan kegiatanmu yang padat hingga tidak sempat melakukan kegiatan positif selama berpuasa di rumah, kamu bisa melakukannya dengan berbagi takjil. Kegiatan ini tidak terlalu menguras banyak waktu.

Membeli takjil untuk dibagikan kepada orang sekitar itu juga termasuk kegiatan berladang pahala. Karena dengan membeli takjil membantu penjual menghabiskan dagangannya.

BACA JUGA: Tidak Cuma Ngabuburit, Ini 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Agar Ramadhan Menjadi Lebih Seru dan Bermanfaat

5. Sholat Malam

Sholat Tahajud bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan positif selama berpuasa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sholat tahajud bisa dilakukan bersama keluarga maupun sholat tahajud sendiri. 

Jika belum terbiasa sholat malam, maka dibulan Ramadhan bisa dibiasakan dengan melaksanakan sholat tahajud. Ini juga bisa menjadi kebiasaan ibadah rutin yang dilanjutkan setelah bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya.

6. Itikaf di Masjid

Itikaf merupakan kegiatan berdiam diri di dalam Masjid atau Mushola. Tujuan kegiatan positif selama berpuasa ini yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ini meruapakan salah satu ibadah sunah baik untuk laki-laki maupun perempuan di saat bulan Ramadhan. Biasannya dilakukan pada 10 Ramadhan terakhir dengan banyak beristighfar, membaca Al-Quran, serta berdoa kepada Allah SWT.

7. Melakukan Hobi

Sumber: