7 Kegiatan Positif Selama Berpuasa, Paling Dianjurkan Dilakukan Tiap Hari

7 Kegiatan Positif Selama Berpuasa, Paling Dianjurkan Dilakukan Tiap Hari

Ramadhan- Membaca Al-Quran menjadi salah satu kegiatan positif dibulan Ramadhan--

RADAR TEGAL - Bulan Ramadhan menjadi momen umat islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan sebagai kegiatan positif selama berpuasa. 

Menjadi sebuah keberkahan apabila bulan Ramadhan diisi dengan kegiatan positif selama berpuasa. Utamanya apabila seseorang melakukan kegiatan beramal yang dapat mendapat ganjaran pahala dibulan Ramadhan. 

Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan sendiri maupun bersama keluarga yang dapat memberikan manfaat dunia dan akhirat. Lantas apa saja kegiatan positif selama berpuasa yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saat Ramadhan.

Meskipun harus menahan lapar dan dahaga selama berpuasa bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Berikut kegiatan positif selama berpuasa yang bisa kamu lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

BACA JUGA: Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

7 Kegiatan Positif dalam Ramadhan

1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran menjadi salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, kecuali di Kamar Mandi dan Pasar. Membaca Al-Quran dengan giat selama bulan Ramdhan akan mendatangkan banyak pahala. 

Kamu bisa membacanya satu juz per hari sehingga dalam satu bulan kamu bisa mengkhatamkannya. Selain membaca Al-Quran kamu juga bisa membaca tafsir atau arti bacaan di setiap ayat Al-Quran.

2. Mendengarkan Ceramah

Selain membaca Al-Quran, kegiatan positif selama berpuasa, kamu juga bisa mendengarkan ceramah dari ustad atau ulama setempat. Biasannya ketika bulan Ramadhan ada yang namanya Kuliah Subuh dan Kuliah Ashar, ini bisa menjadi salah satu kegiatan positif selama berpuasa. 

Untuk kamu yang rumahnya dekat dengan masjid atau mushola dapat melakukan kegiatan tersebut untuk mendapatkan ilmu dan meraih pahala. Selain mendengarkan ceramah secara langsung juga bisa mendengarkan dari smartphone misalnya kajian di yutube atau tiktok.

Tentunya dengan memilah ceramah dari ustad atau ulama yang sesuai dengan aliran kamu. Kegiatan ini sangat baik karena dapat menambah pengetahuan tentang agama.

BACA JUGA:Amalan Selama Bulan Ramadhan yang Datangkan Pahala dan Berkah

Sumber: