5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jadikan Ibadah Khusuk dan Hati Tenang

5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jadikan Ibadah Khusuk dan Hati Tenang

Ilustrasi persiapan menyambut bulan suci Ramadhan--

Keutamaan bulan Ramadhan adalah sebagai bulannya Alquran. Sehingga, kita dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Alquran selama bulan puasa.

Karena hal itu akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, membaca Alquran juga nantinya dapat memberikan syafaat kepada kita.

3. Bulan kesabaran

Inti puasa adalah mengendalikan diri atau bersabar. Selama puasa kita diminta menahan diri dan tidak memperturutkan hawa nafsu.

BACA JUGA: Lakukan 4 Amalan Malam Nisfu Syaban Ini, Ikhtiar Menghapus Dosa di Masa Lampau Agar Diampuni

Karena dengan bersabar, maka nilai puasa kita akan sangat meresap dalam diri. Sehingga bulan Ramadhan juga disebut bulan kesabaran.

4. Dibukanya Pintu surga

Pada Bulan Ramadhan, Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup rapat neraka. Sehingga, barang siapa mengerjakan Puasa dengan bersunguh-sungguh dan Ikhlas, maka Allah akan membukakan pintu surga baginya.

5. Terjadinya Malam Lailatul Qodar

Ada satu malam di bulan Ramadhan yang disebut malam Lailatul Qodar. Malam ini merupakan malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Untuk datangnya malam lailatul Qodar sendiri tidak ada yang tahu. Namun, Rasulullah SAW telah memberikan tanda-tandanya, dan mengajarkan untuk memperbanyak doa pada malam ini.

BACA JUGA: Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam Nisfu Syaban, Tolak Bala dan Datangkan Rezeki Berlimpah

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk melakukan sejumlah persiapan menyambut bulan Ramadhan. Sebab, di dalam bulan istimewa ini, ada begitu banyak kebaikan di dalamnya.

Nah, berikut ini beberapa persiapan yang perlu anda lakukan menjelang datangnya bulan Istimewa tersebut. Persiapan tersebut meliputi beberapa hal diantaranya:

Sumber: