5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jadikan Ibadah Khusuk dan Hati Tenang

5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jadikan Ibadah Khusuk dan Hati Tenang

Ilustrasi persiapan menyambut bulan suci Ramadhan--

1. Persiapan Iman

Pertama adalah persiapan Iman, sebab dengan ini maka saat menjalankan puasa tidak akan terasa berat. Mempersiapkan iman bisa Anda lakukan dengan melatih diri untuk menghindari dari hal-hal yang tidak baik.

Kemudian, memastikan sholat 5 waktu tidak ada yang terlewatkan. Serta kebiasaan baik lainnya perlu kita latih agar saat Ramadhan tinggal menambahnya.

BACA JUGA: Amalan Malam Nisfu Syaban Penghapus Dosa, Catat Tanggalnya Agar Tak Ketinggalan Momen

2. Persiapan Fisik 

Untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, kita juga perlu mempersiapkan fisik dengan baik. Menjaga pola makan adalah hal yang paling sederhana namun memiliki efek yang cukup besar.

Dengan menjaga pola makan ini, kita berupaya agar fisik kita tetap sehat dan harapannya akan kuat saat menjalani puasa. Selain itu, juga rutin melaksanakan olah raga setiap hari agar badan tetap vit.

3. Memperdalam Ilmu pengetahuan dan Agama

Sebelum memasuki Ramadhan, kita perlu memperdalam Ilmu pengetahuan dan Agama. Pelajari hal-hal yang berkenaan dengan apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan selama puasa.

Sehingga, pada saat bulan Ramadhan tiba, kita sudah bisa mengantisipasi agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak ada yang batal.

BACA JUGA: 5 Tradisi Unik di Tegal yang Jarang Banyak Orang Tahu, Salah Satunya di Bulan Syaban Menjelang Ramadan

4. Melunasi Hutang Materi dan Puasa

Hal baik yang perlu dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah dengan melunasi hutang. Baik hutang puasa, maupun hutang materi kepada orang lain.

Dengan begitu, saat menjalankan puasa nantinya kita sudah tidak memiliki beban yang akan mengganggu kekhusukan ibadah. Pastikan hutang puasa tahun lalu anda lunas dan tidak ada yang tertinggal.

5. Persiapan Materi dan Kebutuhan Sehari-hari

Sumber: